16 November 2010

TRIK: Hardisk Dipindah ke Komputer Lain Tanpa Bluescreen

  • Share
  • [i]

Anda mungkin pernah mengalami hal ini, yaitu ketika mainboard komputer anda rusak kemudian anda memasang mainboard baru dengan harddisk tetap sama memakai harddisk yang lama. Apakah itu...? Muncul layar Biru atau orang biasanya menyebut "BlueScreen."


Untuk mengatasi hal ini, cukup gampang walaupun dikerjakan oleh seorang awam, juga pasti bisa. BlueScreen ini muncul karena system windows mendeteksi driver chipset yang berbeda dengan mainboard yang baru, dan terjadilah bluescreen.

Pada dasarnya adalah dengan cara merubah IDE Controller Driver di Device Manager menjadi Standart agar windows tidak blue screen jika dipindah ke komputer lain.

Untuk seorang tehnisi, trik ini sangat membantu sekali jika anda perlu cek mainboard tanpa harus install dari awal. Dan ini tentu saja dapat menghemat waktu yg lebih banyak untuk pekerjaan lainnya.


Langkah-langkah agar Harrdisk Dipindah ke Komputer Lain Tanpa Bluescreen :

1. Urutannya adalah START => Control Panel => double klik System
2. Double klik "IDE ATA/ATAPI controllers"
3. Di situ terlihat primary, secondary, kemudian jenis chipset mainboard anda, biasanya SIS, Intel, VIA, dll. Dan driver chipset inilah yg perlu anda rubah menjadi driver standart bawaan windows. Jika ada 2 driver chipset yang terdeteksi, maka anda harus mengganti keduanya dengan driver standart bawaan windows.

Caranya ikuti gambar berikut ini :










Kalau ada driver yg belum standart ubah ke satndart semua, caranya sama.

4. Selesai.

Kemudian Anda dapat mencobanya dengan memasang harddisk itu ke komputer lain, kalau nggak bluescreen berarti hasil percobaan anda berhasil.


Catatan: 
Trik ini sangat berguna untuk yang biasa menangani beberapa komputer sekaligus (misal: warnet, lab, perusahaan) dengan sistem GOST atau clone CD, karena seperti kita ketahui untuk melakukan gost maka spek komputer harus benar-benar sama, paling tidak CHIPSET harus sama, karena jika hasil gost di pasang di komputer lain dengan chipset yg berbeda maka akan timbul blue screen of death (BSOD).
untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum dipasang di komputer lain, silahkan lakukan trik diatas.


Catatan Tambahan seputar Kompatibilitas GOST :
  1. Image Ghost Komputer Pentium 3 800Mhz bisa digunakan untuk restore ke Pentium 3, 4 soket 478, 4 soket LGA, bahkan kadang Laptop seri lama.
  2. Image Ghost Komputer Pentium 4 soket 478 bisa digunakan untuk restore ke Pentium 3, 4 soket 478, soket LGA, bahkan kadang Laptop seri lama.
  3. Image Ghost Komputer Pentium 4 soket LGA bisa digunakan untuk restore ke Pentium 4 soket 478 (tapi ada yg gak bisa), 4 soket LGA.
  4. Untuk restore laptop, maka kita harus membuat image ghostnya dengan windows laptop juga, karena kebanyakan image ghost dari PC tidak berhasil.

Selamat mencoba


Sumber : http://ekohasan.blogspot.com/2010/03/harrdisk-dipindah-ke-komputer-lain.html

0 comments: