29 September 2013

Masalah Seputar Printer Laserjet & Penanganannya

  • Share
  • [i]

 

Untung rugi refill toner cartridge printer laserjet

Refill toner, sebagaimana alternatif tindakan lainnya, selalu berpotensi keuntungan dan kerugian. Diantara kerugian refill toner, hasilnya  tidak sebagus original, kadang ada masalah, kadang menimbulkan kerusakan pada printer, ini resikonya ...... Tapi jangan khawatir banyak juga keuntungan refill toner, diantaranya biaya murah (bisa hemat hingga 85%), hasilnya juga bisa bagus asal ketentuan dan syaratnya berlaku, blok bisa lebih pekat dari toner original, nilai penghematan 5-8 kali refill toner sudah bisa untuk beli printer baru, kerusakan printer karena refill toner sebenarnya  kecil dan bisa ditekan jika proses refill ditangani ahlinya.

Kerugian refill toner
Kerugian refill toner #1
Hasil cetak tidak sebagus original.
Cetak blok tipis (raster) agak lebih kasar dari pada toner original, untuk gambar-gambar yang lembut toner original bisa memberikan citra yang lebih baik dan lebih rata. Bisa diatasi dengan menurunkan derajat rasternya untuk mendapatkan hasil yang mendekati original. Kalau sudah biasa tidak begitu menjadi masalah.

Kerugian refill toner #2
Kadang ada masalah.
Anda Pulang tempat refill toner, ternyata tidak bersih, ada bercak dsb, sehingga Anda harus balik lagi ke tempat tukang refill, bolak balik lagi. Repot amat. Lebih baik pakai toner original, tidak ada masalah, selalu bagus.
Hal ini bisa diatasi dengan memilih tukang refill yang memang ahli untuk mengurangi bolak-balik perbaikan. Sekali proses refill toner langsung diketahui problemnya, diatasi dan beres sehingga hasil bagus. Lebih enak lagi kalau ada layanan pengiriman, seandainya ada masalah, Anda tetap tidak repot. Lebih enak lagi kalau Anda punya katrid cadangan. Begitu habis langsung pasang cadangan, yang habis langsung serahkan tukang refill untuk diproses, mau jadi 1 hari atau 2 hari tak masalah, printer tetap jalan terus. Bagaimana kalau hanya punya satu toner saja, bisa beli toner baru atau toner remanufaktur/rekondisi hemat hingga 60%.

Kerugian refill toner #3
Kadang menimbulkan keruskan printer.
Sebenarnya ini kerugian yang paling serius dan perlu diwaspadai. Tapi untungnya prosentase kemungkinannya tidak besar. Selama kami menggeluti bidang refill toner, kami telah mengisi ulang ribuan toner, banyak printer telah kami tangani, kebanyakan kerusakan printer disebabkan oleh keausan dan suku cadang mati. Ada juga kasus Formatter mati karena terkena tumpahan toner yang menyebabkan terjadinya konsleting arus listrik. Kalau proses refill dilakukan dengan bagus dan suku cadang bagus semua, masalah seperti itu bisa di minimalisir.

Adalah hal yang wajar kalu ada kerugiannya, karena biaya refill  hanya 10 % dibanding biaya beli toner original. Kalau Anda menginginkan yang sebagus original maka silakan pakai yang original, hanya Rp. 600 rb. Kalau ingin hemat refill toner hanya 90rb.

Keuntungan refill toner

Keuntungan refill toner #1
Biaya murah.
Low price is powerfull. Dengan biaya murah kita dapat menghemat uang cukup banyak, penghematannya bisa mencapai 85%. Kalau beli toner baru dengan harga 650ribu dengan refill toner kita hanya butuh biaya kira-kira 150rb-an. 90 ribu untuk biaya refill, sisanya untuk biaya ganti suku cadang. Dengan penghematan 6 kali refill saja terkumpul uang (650-150) x 6 = Rp. 3 juta rupiah. harga ini sudah cukup untuk membeli printer baru, bahkan sisa, karena harga printer baru berkisar 1 - 1,5 juta saja.

Keuntungan refill toner #2
Hasil cetak juga bisa bagus.

Kalau mau hasil cetaknya bagus sebagus aslinya, maka segala sesuatunya perlu dipilih yang bagus. Rumah tonernya yang masih layak, suku cadang harus sehat semua, serbuk tonernya teruji bagus dan bersih, proses refill dilakukan dengan teliti oleh teknisi yang mahir. Kalau seperti itu insya Allah hasilnya hampir sebagus toner original.

Keuntungan refill toner #3
Blok lebih pekat dari toner original.

Bila kondisi printer dan toner fit, tintanya juga bagus, maka seringnya hasil bloknya lebih pekat dari cetak blog toner original. Tukang sablon dan tukang stempel biasanya lebih menyukai toner refillan dari pada toner original karena bloknya lebih pekat.

Keuntungan refill toner #4
Penghematan refill toner 5-8 kali cukup untuk membeli printer baru. Kadang orang tidak mau refill toner dengan alasan resiko kehilangan uang karena kerusakan printer. Sebenarnya dengan membeli toner original juga ada resiko kerugiannya. Kadang terjadi hasil cetak toner original juga tidak bagus, dan yang pasti ada resiko yang selalu terjadi yaitu kehilangan uang lebih banyak untuk pembelian toner original baru. Berkisar Rp.600rb-an untuk toner kecil, kalau toner besar semacam printer hp 5000 toner barunya bisa mencapai 2 juta. Anda pilih mana. Ya terserah Anda

-------

Berapa kali proses refill toner cartridge bisa diulang?

Jawabannya adalah refill toner bisa diulang hingga 100 kali lebih kalau dilakukan dengan cara yang benar. Refill toner cartridge terus bisa diulang-ulang dengan cara selama proses refill toner yang berulang-ulang itu suku  cadang yang aus diganti dengan suku cadang yang baru/baik.
Kita patut bersyukur bahwa sekarang ini telah tersedia suku cadang toner cartridge di pasaran, bahkan untuk suku cadang yang sepele-sepele - tetapi ikut menentukan hasil cetak - juga tersedia di pasaran. Ini memungkinkan kita untuk mengganti suku cadang yang aus dengan yang baru sehingga output proses refill toner cartridge ini benar-benar berkualitas hampir sebaik toner original. Ini juga memungkinkan kita untuk menghemat biaya cetak hingga 85%.
Sebenarnya proses refill toner cartridge bukan tanpa masalah, banyak kendala juga yang kalau tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan hasil cetaknya menjadi kurang maksimal atau tidak bagus. 
-------

Problem printer laserjet, Hasil cetak tidak pekat

Bagaimana caranya memperbaiki printer laserjet yang hasil cetaknya tidak pekat?
Biasa saya menyebut pekerjaan ini dengan tune up printer yaitu mengkondisikan kembali printer agar fit dan sehat, membuang penyakit-penyakit ringan yang nempel.

Hasil cetak tidak pekat, maksudnya blok tidak pekat banyak sebabnya, bisa jadi toner cartridge tidak bagus, atau printernya yang ada masalah. 
Pada kesempatan ini saya hanya akan sharing untuk memperbaiki printer yang hasilnya tidak pekat yang masalahnya berasal dari printer bukan dari cartridge.
  • Biasanya penyebabnya adalah ada jalur aliran arus listrik di dalam printer yang tidak terhubung dengan baik. Ini menyebabkan suplai tegangan listrik untuk magnet roll atau untuk drum tidak optimal sehingga hasil kurang pekat. 
Solusinya bongkar printernya, bersihkan dari debu dengan disemprot pakai kompressor. Perhatikan bagian kontak-kontak listrik dibawah katrid kalu berkarat, digosok pakai pisau atau ambril biar kontaknya bagus lagi.
  • Penyebab lainnya adalah ada kotoran di unit optik pada bagian scanner. Optik perlu dibersihkan dengan larutan khusus.  Jangan dibersihkan langsung pakai kapas, nanti malah tergores, jadi perlu pakai larutan khusus.

 -------------

Masalah printer Laserjet, Hasil cetak tidak tajam

Keistimewaan printer laserjet adalah ketajaman dan ketahanan cetakan yang tahan lama dan tidak luntur. 
Kalau ternyata hasilnya tidak tajam, hilang sudah separo keistimewaannya.
Langsung to the point aja, kalau ini problemnya adalah optik bagian laser beam (lampu senter laser) kotor. 
Solusinya memperbaiki nya mudah sekali, 
  • Bongkar printernya,  
  • Buka dan lepas unit laser scannernya. 
  • Cari bagian seperti lampu senter/lampu led kecil bersihkan ujungnya (bagian optik) dengan larutan khusus pembersih optik. 
Jangan pakai kapas kering atau tissu, bisa tergores malah jadi rusak.

 -------------

Cara Service printer : 

Mencetak tapi kertas kosong tidak ada hasil

Cara service printer : Mencetak tapi kertas kosong tidak ada hasil.
Kali ini saya akan sharing satu hal lagi yaitu bagaimana mengatasi permasalahan pada saat mencetak dengan printer laserjet, printer ready ketika disuruh mencetak bisa jalan tapi kertas hasil cetak kosong tidak ada hasil.

Diagnosa pertama : Toner cartridge kosong. Isi habis.
Memang kalau toner cartridge kosong sama sekali ya printer jalan tapi hasil tidak ada. Akan tetapi kemungkinan ini jarang terjadi, biasanya katrid dinyatakan habis dlam keadaan belum benar-benar kosong jadi kalau dipakai mencetak tetap bisa hanya hasilnya tipis atau putih di tengah. Coba diganti toner cartridge, barangkali bisa. Kalau tetap tidak bisa, berarti ada masalah lainnya.

Diagnosa kedua : Toner cartridge tidak terkoneksi dengan baik dengan printer.
Toner cartridge mempunyai terminal-terminal kontak listrik yang berguna untuk menerima aliran dan tegangan listrik dari printer. Kontak-kontak listrik ini mesti terhubung dengan baik dengan printer, kalau tidak, akan sangat mempengaruhi hasil cetaknya. Setidaknya ada tiga terminal kontak disana, dua diantaranya kalau tidak terhubung dengan baik berpengaruh hasil tidak jelas atau tidak muncul sama sekali. Sedang yang satunya lagi kalau tidak terhubung dengan baik hasil akan hitam merata atau setidaknya ngraster merata di seluruh kertas, sehingga kertas jadi kotor.
Solusinya toner cartridge dilepas, di cek barang kali ada kertas atau stiker yang nempel di terminal listrik tersebut. Posisi terminal listrik ada di ujung toner cartridge. Warnanya putih metalik seperti di krom. Bersihkan itu dan bersihkan juga kontaktkor yang ada di dalam printer yang posisinya nempel pada kontaktor di toner cartrige tersebut. Bersihkan juga lalu pasang kembali.

Diagnosa ke tiga : Toner error, tidak kontak di dalam toner cartridge.
Kemungkinan ini bisa juga terjadi, cara mneelitinya dengan ganti toner yang baik, kalu jadi baik, berarti toner cartridge yang tadi perlu diperbaiki. Kemungkinannya magnet atau drum tidak terkoneksi dengan printer. Kawat konektornya putus atau melengkung sehingga tidak ada kontak.

Diagnosa ke empat : Printer error.
Kalau diganti toner baik tetap juga hasilnya tidak keluar gambar, berarti masalahnya di dalam printer. Bisa jadi disebabkan power supply yang tidak menghasilkan tegangan listrik untuk keperluan ini dengan benar. bisa jadi power supply sudah baik tapi ada putus arus listrik di tengah jalan. Printer harus dibuka dan dicek bagian mana yang error atau yang putus.

--------

Cara memperbaiki printer : 

Cetak printer laserjet bercak hitam atau bercak putih

Permasalahan ini termasuk yang sangat sering dijumpai pada printer laserjet, yaitu mucul bercak hitam, titik hitam atau kotor hitam pada hasil cetak printer laserjet. Ada banyak kemungkinan penyebab bercak hitam ini.
Untuk mencari penyebabnya perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Apakah bentuk bercak hitam ini bentuknya sama?
  2. Apakah posisi munculnya bercak hitam ini ajeg ditempat yang sama?
  3. Apakah munculnya bercak hitam ini berulang tiap jarak tertentu secara vertikal?
Kalau ketiga pertanyaan itu dijawab ya berarti munculnya bercak hitam atau titik hitam itu disebabkan oleh cacat atau kotor pada suku cadang yang berupa roll, bisa magnet roll, drum roll, atau PCR, atau bisa juga roll yang ada di dalam printer.

Cara paling gampang untuk menentukan roll apa yang error adalah dengan mengukur jarak perulangan bercak hitam atau titik hitam. Kemudian cocokkan jaraknya tersebut dengan panjang keliling lingkaran roll-roll yang saya sebutkan diatas. Masing-masing roll punya panjang keliling lingkaran yang berbeda.
Contohnya jika jarak perulangan bercak hitam atau titik hitam 7 cm. berarti errornya di roll drum. 
Cara memperbaiki printer nya yaitu dengan mencari titik penyebab bercak hitamnya, kemudian dibersihkan. Drum dibersihkan memakai cairan pembersih khusus. 
Kalau tidak bisa bersih juga berarti drum talah cacat atau berlubang, solusinya drum bisa diganti dengan yang baru.

Lain lagi kalau bercaknya berwarna putih di kertas. Nampak apabila kita gunakan untuk mencetak blok hitam, di dalam blok itu muncul bercak putih.
Kalau seperti ini berdasarkan pengalaman saya ini disebabkan drum ditempeli kotoran (toner kering). 
Ini biasanya bisa dibersihkan dan drum bisa menjadi baik kembali. Untuk membersihkannya diperlukan cairan pembersih khusus.
----------

Paper jams/ kertas terjepit, penanganannya

Permasalahan yang sering kita jumpai pada printer apa saja yaitu paper jams/kertas terjepit. Sebenarnya ini problem printer biasa yang sering dijumpai dan setahu saya problem ini tidak dapat dihindari 100  %. Artinya hampir setiap printer entah lama atau cepat pasti pernah mengalami kertas terjepit.

Masalah ini menjadi penting untuk kita pelajari penanganannya karena sering dihadapi, dan khusunya kalau terjadi pada printer laserjet kalau tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kesahan yang lebih parah dan kerugian yang lebih besar. Ini bisa terjadi karena di dalam printer laser terdapat peralatan sejumlah peralatan yang mudah rusak bila terkena sogokan benda tajam. Yang sering terjadi, ketika terjadi paper jam dan kertas terjepit, kadang sulit dikeluarkan/ ditarik begitu saja, kemidian langkah yang sering diambil adalah di kait-kait dengan obeng kecil atau pinset. Langkah seperti ini bisa mengenai film sleeve (film teflon heating) dan merobekkannya. Kalau ini terjadi, untuk menggantinya butuh biaya ratusan ribu rupiah.

Cara mengatasi masalah paper jam dapat dilakukan dengan langkah-langkah sbb :
1. Bukalah tutup printer dan keluarkan toner cartridnya.
2. Lihat dan cari dimana posisi kertas yang nyangkut di dalam printer
Kalau kertas nyangkut di bagian penarik kertas masuk, biasanya relatif mudah solusinya, langsung  saja ditarik ke arah gerak maju kertas. Jangan ditarik ke belakang. 
Kalau kertas nyangkut di area setelah melewati toner katrid dan nyangkut di bagian pemanas, maka cari dulu biasanya ada pengait yang berfungsi untuk mengendorkan jepitan pemanas printer, biasanya di sebelah kanan dan atau kiri bagian pemanas kadang didepan (printer hp 5l/6l) dan kadang dibelakang (printer hp 6p/4l, hp 5000 series). Kadang ini otomasi terbuka kalau pintu printer dibuka (ikut pintu) (HP 1000 series). Setelah ketemu dan jepitan pemanas berhasil di kendorkan maka kertas yang terjepit akan lebih mudah dikeluarkan.
3. Cara mengeluarkan kertas dengan menariknya ke arah jalannya kertas. Jangan dibalik. 
Jangan buru-buru menariknya supaya kertas tidak robek dan usahakan tarikan seimbang antara kanan dengan kiri. 
Kalau kertas robek dan terjepit sehingga susah ditarik, boleh juga kertas di raih dengan menggunakan pinset/penjepit kecil atau obeng negatif (minus), tapi harus hati-hati jangan sampai mengenai bagian film heating. 
Harus yakin yang ditarik itu kertas bukan film heating nya. 
Kalau tetap tidak bisa juga maka printer harus dibuka, ada baiknya kalau sudah macam ini problemnya, serahkan aja pada teknisi yang berpengalaman. lebih baik bayar teknisi 50 ribu rupiah dari pada teflon robek 400 ribu rupiah.

--------

Hasil cetak printer laser tidak tajam

Pertama.
Kadang yang dimaksud tidak tajam itu tidak hitam, hasilnya hanya kecoklatan, walau sudah pakai cetak blok 100%. Pada kasus ini sebenarnya hasilnya cukup tajam, tetapi karena kurang hitam jadi terkesan tidak tajam. 
Ciri problem tipe ini hasil cetak garis tipis (hair line) nampak terlihat, blog tidak hitam.
Ada beberapa sebab mengapa problem ini terjadi, diantaranya part mendekati aus karena sudah terlalu lama. Ini kadang juga terjadi pada toner original pada printer tipe lama, toner katrid tersimpan lama di toko, baru dibeli dan dipakai, kadang sudah bocor atau tidak hitam lagi hasilnya. 
Solusinya dicari part yang telah aus dan diganti part yang baru. Kadang serbuk tonernya juga perlu diganti yang baru. 
Part yang biasa menyebabkan kurang hitam yaitu drum, magnet roll dan doctor blade.

Kedua.
Memang benar tidak tajam hasilnya, garis tipis tidak muncul/kelihatan, cetak raster (blok tipis) juga tidak nampak, tetapi blok hitam tetap nampak hitam dan solid. 
Anda bisa mengeceknya dengan mencetak text dengan ukuran kecil, cetak raster tipis dan cetak blok 100%. Kalau text kecil dan raster tipis tidak muncul tapi blok bagus, maka problemnya positif tipe ini.
Penyebab problem ini adalah optik pada ujung laser diode kotor oleh debu. 
Solusinya bersihkan memakai cairan khusus yang bersifat lunak, tidak merusak optik, tidak keras dan mudah menguap.
----------

Toner 35a/36a/85a anda cepat habis?
Berikut kami tunjukkan sebuah problem yang sering muncul pada toner original bawaan dari printer HP Laserjet 35a, 36a dan 85a setelah direfill. 
Ketika direfill pertama biasa hasil bagus, tetapi menjelang toner habis kira-kira pada pencetakan yang ke 600-an muncul garis-garis tipis vertikal seperti yang kutunjukkan pada gambar berikut ini.
Tidak begitu kelihatan tapi kalau diperhatikan pada huruf n keatas ada beberapa blok raster tipis vertikal. Problem ini sering muncul ketika toner mau habis dan semakin lama akan semakin jelas dan mengganggu. 
Secara teknis problem ini bisa diatasi dengan membuang sampahnya, sehingga ruangan sampah toner menjadi lega dan bisa menampung sampah toner yang baru lagi.

Problem ini disebabkan oleh kapasitas toner bawaan printer ini memang hanya kira-kira separo dari kapasitas normal toner original HP 35A. Barangkali ini sengaja dibuat oleh HP dalam rangka kebijakan penekanan harga printer baru.

Mengapa bisa terjadi? 
Toner original bawaan printer ini memang didesain kecil dengan kapasitas ruang penyimpanan toner dan ruang penyimpanan sampah toner yang relatif kecil. 
Biasaya para tukang refill toner berambisi untuk mengisi toner dengan kuantitas yang besar. 
Toner ini bisa diisi dengan kuantitas hingga 80 gram tetapi ruangan tempat sampah tonernya yang tidak mencukupi. 
Sangat terasa kurangnya pada kapasitas ruang penyimpanan sampah toner, sangat sempit sehingga setelah dipakai pencetakan jumlah tertentu maka ruangnya jadi penuh dan tidak bisa lagi menampung sampah toner yang baru. 
Akibatnya sampah tidak bisa dibuang dan ikut terbawa ke media cetak, hasil cetak menjadi kotor.

Solusi, Ada beberapa solusi yang bisa diambil diantaranya dengan mengurangi kuantitas toner yang diisikan ketika proses refill. Idealnya jangan lebih dari 50 gram. 
Kelemahan solusi ini, toner hanya bisa mencetak kira-kira 500-700 lembar.

Solusi lain, beli toner original, biasanya toner original yang tersedia sudah dalam ukuran normal sehingga bisa menampung toner sampai dengan 100 gram, bisa digunakan untuk mencetak kira-kira 1500 lembar.

Solusi hemat, silakan membeli toner remanufakture yang kompatibel dengan printer Anda, jangan lupa tanyakan kapasitasnya, apakah desain toner remanufaktur yang mau Anda beli sudah berkapasitas normal atau masih seperti toner bawaan printer yang kapasitasnya hanya separohnya.

Solusi super hemat, Anda bisa mengupgrade toner kecil Anda menjadi toner normal. Kini tersedia toner kosong yang baru bukan bekas, toner empty. Siap diisi dengan part bekas toner kecil Anda dan diisi sebuk toner hingga kuantitas 100 gram.  Silakan kunjungi layanan refill toner di kota Anda.

----------
Printer laserjet Anda keluar asap saat beroperasi?

Banyak yang mengeluh dan khawatir karena mendapati printer laserjet miliknya saat ngeprint keluar asapnya, "kemelus". Sebenarnya apa yang terjadi?

Printer laserjet selama beroperasi maksudnya saat ngeprit sering mengeluarkan asap. Setelah saya amati lebih lanjut ternyata kasus ini sebenarnya fenomena biasa. Jadi tidak menjadi problem yang perlu dikhawatirkan kalau asap itu tidak diikuti dengan bau plastik yang terbakar.

Printer laserjet saat beroperasi melaui tahapan proses pengepresan dan pemanasan. Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang printer kita menjadi berasap, khususnya pada musim banyak hujan turun. Asap muncul dari kertas media cetak yang lembab, ketika melalui tahapan pressing dan heating maka air yang meresap di media cetak akan menguap sehingga terlihat seperti asap yang keluar dari printer. Ini terjadi karena kertas yang kita gunakan lembab, sehingga solusi untuk mengatasi masalah ini dengan mengurangi tingkat kelembaban kertas dengan cara, menghangatkannya atau menjemurnya dibawah terik sinar matahari.

Kertas yang lembab, kalau kelembabannya cukup tinggi bisa mempengaruhi hasil cetak. Kadang hasil cetak menjadi kotor tipis dan merata atau hasil cetak kurang matang sehingga hasil cetak tidak awet, mudah rontok. Kertas yang kelembabannya rendah juga mendukung hasil cetak yang lebih baik seperti blok hitam lebih pekat dan melekat kuat.

Berbeda kasusnya bila keluarnya asap bersamaan dengan keluar bau benda plastik yang terbakar, kemungkinan suhu tinggi di dalam printer yang tidak pada tempatnya. Kalau dibiarkan seperti ini bisa berakibat printer rusak dan butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Sebelum terlambat ada baiknya dibawa ke tempat service.  

Ada baiknya kita siapkan media cetak dalam keadaan kering dan bersih untuk hasil cetak maksimal.
----------

Hasil Cetak printer laser tipis sebelah

Permasalahan hasil cetak sebelah kanan normal tetapi sebelah kiri tipis dan sebaliknya hasil cetak sebelah kiri tipis dan sebelah kanan normal. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya :
  1. Optik pada unit laser kotor sebelah. Mungkin karena berdebu sehingga sinar laser tidak bisa lewat area ini dengan lancar, hasilnya tipis sebelah. Solusinya bersihkan optiknya, dengan cairan pembersih optik khusus. Cukup diolesikan saja jangan di gosok-gosok agar optik nya tidak tergores.
  2. Busing kotor. Busing adalah semacam ring plastik yang terletak di ujung dan pangkal magnet. Busing kotor menyebabkan jarak antara magnet dan drum tambah lebar, lebih lebar dari yang seharusnya, sehingga menghambat proses pemindahan toner dari magnet ke drum. Akibatnya hasil tipis. Kalau busing di ujung yang kotor yang tipis adalah area cetak sebelah kiri, sebaliknya kalau busing di pangkal kotor maka yang tipis ada  di area sebelah kanan. Pada kasus ini biasanya tipisnya tidak merata secara horizontal tetapi bergelombang tebal tipis tebal lagi dan seterusnya.
  3. Drum aus. Kadang ini bisa juga jadi sebab. Solusinya, ganti drum. Penyebab drum aus lebih cepat biasanya sampah penuh sehingga wiper blade menekan drum lebih keras, sehingga drum cepat aus. Silakan cek saat toner Anda buka apakah sampah penuh dan sampai bocor apa tidak?
  4. Per kecil, ini  kemungkinan yang paling besar kalau Anda menggunakan toner HP 35a, 85A atu 36A. Maksud saya di ujung toner, dekat ujung drum ada per tarik kecil yang mesti harus terpasang dengan baik. Kalau tidak terpasang atau sudah kendor (kurang berfungsi) maka hasilnya akan tipis sebelah. Silakan cek, kalau perlu diganti saja dengan yang baru.
 --------------
Identifikasi tanda toner printer laser mau habis

Sebagai tukang refill kami telah merefill ribuan toner, berbagai masalah kami temukan, diantaranya adalah masalah pemborosan, diantaranya adalah pemakai printer mengira bahwa tonernya sudah habis tetapi sebenarnya belum habis. Langkah selanjutnya toner direfillkan, dan barangkali tukang refillnya kurang peduli dengan permasalahan yang dihadapi konsumen, ketika diorder untuk refill ya direfill saja padahal toner belum habis. Akibatnya hasil refillan tidak maksimal, mestinya kalau memang toner belum habis dan sudah direfillkan berarti ada masalah hasil cetak padahal toner belum habis benar, mestinya masalahnya ini diatasi dulu, kalau memang toner tinggal sedikit ya direfill gak masalah.

Sebenarnya apa tanda yang meyakinkan kalau toner mau habis? Sebelumnya perlu diketahui bahwa istilah toner habis sebenarnya tidak benar-benar habis karena mekanisme pencetakan pada printer laserjet memang tidak bisa menghabiskan toner 100%, kalau toner sudah dibawah 20% boleh dikatakan habis dan layak untuk direfill kembali. Ini disebabkan kalau tonernya tinggal 20 % biasanya hasil cetak sudah tidak maksimal dan toner sudah tidak merata lagi.
Diantara tanda toner habis adalah, hasil cetak tidak merata, apalagi kalau dipakai untuk mencetak gambar tebal maka supply toner tidak dapat memenuhi lagi sehingga hasil cetak seperti gambar berikut ini. 
Kalau muncul hasil cetak seperti ini belum tentu toner benar-benar habis, masih bisa digunakan tapi harus di ratakan lagi tonernya dengan cara mengocak-ocak berputar maju mundur ke samping buakan keujung dan pangkal. Kalau sudah dilakukan langkah seperti itu, kalau jumalah toner belum habis benar, maka toner masih bisa dipasang lagi dan bisa digunakan untuk mencetak lagi. Mungkin beberapa puluh lembar pencetakan habis lagi, bisa dilakukan pengocakan lagi.........

  
-------

Hasil print Samsung ml 1640 kurang hitam

Sebab yang paling memungkinkan menurut kami ada pada kondisi doctor blade yang kurang bersih. Karena fungsi doctor blade adalah meratakan toner sehingga toner yang keluar di permukaan magnet menjadi rata. Kalau doctor bladenya kurang bersih menyebabkan toner yang keluar tipis dan tidak rata, sehingga hasil cetaknya juga menjadi tipis dan tidak rata. Seakan-akan ada garis-garis pudar secara vertikal.
Doctor blade beberapa tipe printer samsung laserjet ini berbuat dari logam stainless steel tanpa menggunakan karet sebagaimana biasanya ada pada printer hp laserjet. Biasanya ada gumpalan-gumpalan toner tipis menempel di sepanjang bagian doctor blade yang berdekatan dengan magnet. Gumpalan toner yang menempel inilah yang menghalangi toner keluar dengan teratur dan rata.

Solusi untuk masalah ini mudah saja, bongkar katridnya, lepas doctor bladenya, dan bersihkan bagian pinggirnya dengan menggunakan ambril (kertas gosok) yang halus. Setelah bersih silahkan pasang kembali dan rakit kembali toner katridnya. Coba cetak ke printer insya Allah hasilnya lebih pekat dan rata.

Akan tetapi masalahnya belum berhenti sampai disini. Setelah pemakaian beberapa puluh lembar atau ratusan lembar, masalah kotor ini akan mucul lagi dan doctor blade kotor lagi oleh gumpalan toner. Sehingga perlu pembersihan lagi. Ini menjadi masalah karena biasanya toner belum sampai habis padahal masalah sudah muncul lagi. Ini berbeda untuk printer HP laserjet hasil refill relatif bisa bertahan lama dengan hasil cetak bagus hingga toner habis.

Ini yang aku belum tahu, bagaimana cara mempertahankan kebersihan doctor blade toner printer samsung ini.

-------

Cara mengecek kualitas printer laser bekas bagus atau buruk

Berikut aku mau sharing bagaimana caranya meneliti dan mengecek kualitas printer laser bekas. Langkah seperti ini penting agar saat kita membeli printer laser tidak salah pilih. Posting ini kami tujukan terutama untuk printer laser karena kami banyak pengalaman di bidang printer laser.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli printer laser second hand antara lain : 
Pertama, cari tahu dulu tipe printer yang akan anda beli ini memang dikenal printer yang baik. Menanyakannya jangan pada penjualnya tapi cari tahu dari pemakai yang berpengalaman. Carilah printer yang hasil cetaknya bagus, jarang rusak dan biaya operasional rendah. Kalau anda akan menggunakan toner refillan, perlu cari tahu juga apakah jenis printer yang akan anda beli ini hasil refillannya bagus. Banyak printer bagus yang hasil refillannya kurang bagus dan biayanya mahal.

Kalau sudah ketemu tipe yang bagus, berikutnya anda perlu meneliti apakah printer yang akan Anda beli kondisinya masih bagus apa tidak. 
Nah berikut ini beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk mengecek kondisi printer :
  1. Lihat kenampakan printer, nampak bersih dan utuh, tidak ada bagian yang patah. Printer yang sudah ada bagian patahnya biasanya printer lama yang kondisi fisiknya memang sudah menurun.
  2. Tanyakan atau perkirakan umurnya, printer laser bisa berfungsi baik kira-kira 5 - 8 tahunan.
  3. Cari tahu apakah tipe printernya masih relatif baru atau keluaran lama. Pilih yang model belum terlalu lama, kecuali kalau yang lama itu memang rekomended sekali dan kondisi masih bagus, seperti tipe HP 1010 atau 1020, memang banyak dicari orang.
  4. Cobalah untuk mencetak naskah dari komputer, kalu bisa itu menandakan printer masih berfungsi normal. Jangan hanya dicoba pakai test print tanpa komputer. Printer yang rusak bagian formatter nya kadang bisa di test print dengan hasil bagus tapi tidak bisa mencetak dari komputer.
  5. Cobalah untuk mencetak raster tipis lebar sepanjang lebar kertas turun sampai setengah halaman. Perhatikan apakah hasil cetaknya rata dan halus? Apakah raster tipis atau garis tipis bisa dicetak dengan printer ini? Kalau ok, satu point lagi didapat.
  6. Cobalah untuk mencetak blok hitam melebar dari kanan ke kiri kertas setebal 15 cm ke bawah. Test ini berguna untuk mengecek apakah film sleeve pemanas masih bagus atau ada yang robek/tidak rata. Setelah dicetak hasil cetak yang hitam diraba pakai tangan atau kapas kering.  Jika film sleeve teflon nya robek atau berlubang maka hasil cetak hitam akan mengelupas pada bagian yang berlubang tadi. Untuk mengganti teflon film sleeve ini perlu biaya 175 ribu sampai 700 ribuan tergantung tipe printernya. Pilih yang utuh teflon pemanasnya.
  7. Berikutnya perhatikan suara saat pencetakan apakah ada suara aneh? Printer laser bersuara halus.
  8. Terakhir anda pertimbangkan harganya, apakah pantas?
-----------



Sumber:
http://hargatonerprinter.blogspot.com/

26 comments:

eksa mengatakan...

gan, gue penya trouble ma hasil cetak printer laser hp 1025 ini, dah ganti pcr dan drum baru, untuk cetak mono (hitam doang) hasilnya ok, but ketika cetak warna, pd sisi kanan kertas kotor bergradasi gitu (campuran seluruh warna), makin sering nyeka makin pekat kotornya, give me jalan metu e gan .. :) thanks

Anonim mengatakan...

Membantu banget post nya bos ...!!! kerjaan ane beginian bnyak nya ... pdahal ilmu ntuk ini gak da ...!!!
makasi bos .... lanjutkan
SUKSES :)

AHMAD YUHDI mengatakan...

Gan laserjet 1020 saya sekarang tidak merespon apapun sata diperintahkan mencetak, saat warming up, lampu tidak berkedip bergantian atara hijau dan merah, prosea warming normal, hanya lampu tidak blink seperti biasanya.. mohon pencerahannya gan

AHMAD YUHDI mengatakan...

Gan laserjet 1020 saya sekarang tidak merespon apapun sata diperintahkan mencetak, saat warming up, lampu tidak berkedip bergantian atara hijau dan merah, prosea warming normal, hanya lampu tidak blink seperti biasanya.. mohon pencerahannya gan

Anonim mengatakan...

malam gan ...

aku punya printer hp laserjet, kalo print dupleks hasilnya selalu ngebayang di bagian bawah hasil dupleksnya.

punya solusi ? tolong email ke : apep_ependi@yahoo.com

Anonim mengatakan...

gan klo ngeprin kertasnya jadi hitam semua apanya rusak pada printer laserjet 1102

Ebied Fahdallah mengatakan...

Maturnuwun....

Fajar Syam mengatakan...

Aku punya printer xerox docuprint p215b, setiap print satu lembar kertas langsung error. paper jam. mohon solusinya

EL'S Computer mengatakan...

Misi gan, izin share ya...

ASPIRE E3-112-CU5P Win 8.1
Price Rp 3.499.000

Spesifikasi Produk

Intel Dual Core N2840 - Up to 2,58GHz / Memory 2GB / 500GB / 12" / Bluetooth / Win 8.1 - Silver/ Blue/ Pink



Terimakasih :)

NAFCOM Pusat Tinta Printer, Toner Laser, Kertas Foto, dan CISS Printer Desktop/LargeFormat mengatakan...

Siiip. Jadi sedikit nambah ilmu lgi. Thanks.

Faizin Phe mengatakan...

Mohon solusiy..
p1102 saat cetak beberapa lembar n kondisi panas bunyi berdecit tp kl sedikit lembar n kondisi dingin g bunyi...
jagodphe@gmail.com

Yth mas iam mengatakan...

kalo hasil mbayang....tulisannya jadi 2....atas sama bawah dalam satu lembar...kalo ngeprint fulll satu lembar ngeprin dua lembar yg utama pekat yang kedua ndak pekat...apanya ya??


yth.masiam@gmail.com

Gokong Monyet mengatakan...

saya punya masalah pada toner 85a , toner nya bunyi ketika di pasang ke printer nya . tapi kalo pasang toner yang lain pada printer yang sama normal .

Anonim mengatakan...

bro mau tanya ini...
saya punya printer P1102W tapi yang gambar wifinya kedap kedip terus lampunya tuh kenapa ya? dan di tambah saya tak bisa ngeprint.

thanks

Lenda Maameah mengatakan...

Hasil printer laserjet cp1025 color bagian kiri hitam pekat..padahal printerx masih baru dibeli..baru 2x ganti reffil toner

Ucha mengatakan...

Gan,aku punya printer L350,hasil print nya tidak rata Gan yang hitam,dah di nozle n dah di isi tinta jg gt gan,solusi gan..

Ucha mengatakan...

Epson L350 gan merk printer nya,mski gan sblumnya.

TeamKarGO mengatakan...

MOHON PENYELESAIAN
======================
Maap saya mau mengadu, Printer punya saya laser jet 1102, masalahnya adalah Printer sama sekali Tidak terdeteksi oleh komputer walau sudah di coba ke banyak komputer tetap tidak terdeteksi, alhasil tidak bisa instal. Saya Coba printer lain yang sama, bisa dan dapat beroperasi dengan baik. Apakah kerusakannya..??

Lestari Photto mengatakan...

Maaf sblumnya saya Adi Penggemas Xerox kebetulan Punya saya Xerox PE220 Pada saat Saya Print Tulisa ada garis putih dari atas sampai bawah jadi tulisan putus atau hilang,
apa penyebab dari semua itu bos ?
Tolong Solusinya

Syukron Ma'mun mengatakan...

Gan mau nanya.printer saya pagepro 1590mf di lcd selalu keluar print unable 71/72 klo nge print pasti kertas nyangkut di tengah ada kterangan itu. Itu gmana ya cara ngeberinnya?
ma.mun1288@gmail.com terimaksh ats jawabnnya.

anya mengatakan...

Thanks for the blog.

123 HP laserjet M177 Setup support

midhu mengatakan...




Great post. Thank you for sharing your tips!!!


123 HP LJ M177 Setup - 123.hp.com/lj m177

Nicholas Budyanto mengatakan...

Gan, mau tanya kalo untuk printer laser warna fuji xerox CP215W, setelah di reffill tadinya bagus2aja, trus tintanya baru kepake 1/4 warnanya mulai pudar, kata tukang refill nya ada tinta dari mesinnya yang habis, apakah bener demikian?

Mega Citranda mengatakan...

Gan...minta solusi donk.. saya menggunakan printer hp laserjat p2055d tapi tiap kali usb dicolokkan selalu muncul "usb device not recognozid" . mohon bantuannya donk gan...sudah coba instal driver cari di google tapi gak bisa juga. Mohon pencerahan gan

Solusi Laserjet mengatakan...

Wah Tipsnya banyak bener gan di bagi-bagi supaya nda capek bacanya, Tapi lumayan rinci tipsnya thanks infonya boleh maen ke blog saya juga thx

hudayani sulton mengatakan...

Di monitor keluar use Blackberry cartridge, padahal saya beli baru, baru satu bulan, dan hasil cetakan sangat tipis, toner udah saya refiil, optik dah saya bersihkan......bagaimana mengatasinya ya?????