14 Februari 2009

History of " X | FiRE netcafe, Inc. "

  • Share
  • [i]

Genk ini berdiri seiring dengan di bangunnya sebuah warnet di pusat kota Delanggu pada pertengahan awal juli 2007 yang kemudian diresmikan pada tanggal 30 Juli 2007 oleh meneer KoperDomseH. Dengan ditandai oleh pengguntingan kabel mouse.....

Dimulai dengan bersatunya Impecheable Twins kemudian disusul oleh pendekar-pendekar tangguh lainnya seperti Yam lam Thian, Panglima Thian Feng, Pat Kai, Ang hou Chu, Datuk segala Teori, Brama Kumbahan, Satria MadangSego, Kera Rupo Kethek, dan sebagainya..
Tak lupa bantuan-2 lain dari perguruan-2 atau partai-partai lain seperti, Sao lin Tompel, Butong Pai, Persekutuan Bumi Dan Langit, Keluarga Pei Ming Che, Kuil Dairin...


Serius Mode on..........
Kami adalah termasuk salah satu warnet perintis di kota Delanggu Klaten (2007). Dan tercatat sebagai salah satu anggota Warnet Sehat AWARI sejak 2008.
Sejak awal warnet CROSSFiRE memang dirancang dengan menerapkan desain bilik terbuka guna menghindari penyalahgunaan fungsi warnet sebagai sarana hiburan dan edukasi sehingga tidak digunakan untuk tempat mesum murah-meriah, terutama oleh kalangan pelajar, dan kami-pun tidak menyediakan konten saru / sara , provokatif. & pornografi.


Software:
Kami juga berusaha mengurangi semaksimal mungkin program bajakan dengan cara menginstal software sejenis dengan software berlisensi free (open source).
Untuk sebagian Operating systemnya kami  menggunakan Window XP home edition resmi bukan bajakan yang harganya Rp 750.000,- per unit (2007) dan pada komputer billing servernya kami menggunakan Window XP Professional original (tahun 2007 = Rp. 1450.000)



Sedangkan untuk Software Billingnya kami menggunakan EZ-TimeBilling versi original bukan bajakan




Sejak 2009 kami mengaplikasikan software music player winamp yang telah kami modifikasi & branding sendiri khusus untuk warnet CROSSFiRE yang berkemampuan untuk dapat menampilkan lirik lagu secara otomatis.

 X-Movie Database
Dan untuk mempermudah user menonton koleksi film, kamipun mengorganisirnya dengan menggunakan software X-Movie Database special design for X-FiRE, sehingga user tak perlu repot-repot ngubek-ubek isi hardisk cuman buat muter film yang mereka inginkan, tapi cukup dobel klik cover film dari X-Movie Database, maka filmpun akan dimainkan secara otomatis.

Network Connection

Saat awal berdiri (2007), kami memakai jaringan Wave Lan dengan Tower 28 meter, Antena grid & radio senao untuk menjangkau ISP kami di kota Solo (Smartlink depan UNS) . Harga bandwidth waktu itu masih amat sangat mahal sekali, coba bayangin aja 128 kbps = Rp. 3.000.000,- (dan kami adalah warnet berbandwith tertinggi), sehingga belum banyak para investor tertarik masuk ke bisnis warnet ini mengingat waktu BEP yang cukup panjang.
Kemudian setelah jaringan speedy Telkom masuk, kami segera beralih ke Speedy dengan bandwith lumayan besar dengan biaya relatif ringan. (1M = Rp. 645.000,-) . sehingga kemudian menjamurlah puluhan warnet baru bertebaran dikota ini, bahkan banyak diantara mereka bersaing memberikan berbagai macem fasilitas menarik, bahkan ada yang sampai bela-belain bikin bilik warnet tertutup rapet mirip kamar hotel krusek, yang pada akhirnya berakibat merusak citra warnet sebagai tempat mesum murah meriah... wess jiaan rusak tenannnnnnnnn ndessssss....... 

Social Contribution
Awal 2008, ketika kamera digital belum begitu ngetren, serta google map & panoramio masih sangat baru, untuk pertama kalinya kami dengan berbekal kamera digital PENTAX Optio M20 8 megapixel, segera berburu gambar Landmark Kota Delanggu yang kemudian segera kami upload & tag ke google map
monggo silahken dichek disini http://www.panoramio.com/user/bayex

Security System
Untuk menunjang keamanan user, kami telah mengaplikasikan perangkat CCTV System yang mampu merekam secara otomatis selama 30x24 jam, sehingga dapat digunakan untuk membantu pihak berwajib bilamana diperlukan.

Progress
Pada akhir november 2008 kita mengadakan renovasi besar-besaran, dengan menganti theme warnet yg semula putih cool dengan warna2 yg lebih semarak jadi macem distro....!!!
dan juga tak lupa memperbarui armada surfing kami dengan processor - ram yg lebih baru serta melakukan effisiensi dengan melengserkan monitor crt segede gajah dengan monitor LCD samsung widescreen yg ramping & sexy, untuk menambah kenyamanan user kami... (waktu itu harganya masih Rp. 1.450.000,- perbiji sehingga masih banyak temen-temen pemilik warnet yang belom banyak yang spekuasi untuk beralih dari CRT ke LCD)

Dengan besarnya animo netter di pusat kota raja delanggu, kita ngerasa kapasitas CROSSFiRE udah tidak memenuhi syarat lagi, sehingga pada awal februari 2009 kami mengadakan exspansi untuk menambah jumlah armada surfing kami yangpada akhir februari ini kelar 100%....


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dibawah ini adalah catatan suka-duka warnet kami, yang hikmahnya menjadikan kami lebih banyak belajar dari pengalaman dan berhasil mengatasi segala tantangan sehingga kami terus eksis hingga saat ini.

----------------------------
X | FiRE Disaster LOGS:
----------------------------
- Billing Server keserang virus:
Malem sehabis install ulang billing, ngantuk berat, niatnya mo' diterusin besoknya, jadi system sengaja g' diprotek dg software system restore (deepfreeze waktu itu), kemudian ada user yang minta burning CD, ternyata file sourcenya mengandung virus ganas, mungkin jenis autorun, gejala awalnya adalah, nero-nya g' ketemu, ketika chek drive C & D udah kosong melompong, akhirnya sore jam 6 terpaksa tutup, kemudian kami tinggal nonton konser PAS band & DFL di stadion Klaten, tanggalnya lupa. (no thx's to: all virus & worm)


- Client Keserang VIRUS China
aneh banget, padahal udah di deepfreeze masih jg jebol, browser selalu mengarah ke situs china, ketika dilihat dari remote task manager bawaan billing, ternyata ada aktivitas mencurigakan sedang berkembang biak disana, akhirnya client di install ulang, tak lupa port yang menjadi biang kerok worm ditutup terlebih dahulu, baru kemudian di gosht ke client2 yang sekarat lainya.(thx's to wwdc)


-MULTIMEDIA SERVER ke FORMAT
Tugas rutin Install ulang multimedia Server (Data-Center), seperti biasa, selalu dengan clean install, alias, format ulang drive C, entah kenapa/mungkin jg karena ngantuk berat, ternyata salah format, akhirnya seluruh file musik hilang musnah tak berbekas keformat, ada jg sebagian yang berhasil diselametin dengan software recovery, tp yg ilang banyak juga, kemudian dengan terpaksa, bongkar HDD, bawa ke Bonnet karanganyar ama Aurora UMS, buat ngambil file musik sak kapoke. :) (thx's to: Sigit Bonnet & aurora)


- DEEPFREEZE dibobol
setelah dilakukan pengecekan rutin di komputer client, kok ada beberapa program liar, masih bercokol meski udah direstart, setelah dilakukan investigasi mendalam, ternyata ditemukan kasus serupa pada  client yang lain, oalah ternyata meski udah pake deepfreeze ent tetep aja kebobolan, padahal kami udah ngasih kelonggaran buat yg suka otak-atik komputer hobby install program aneh-aneh (asal jgn keylogger, netcut dsb) dan udah nganggap komputer kami seperti komputernya sendiri, kok yo masih aeng-aeng wae to cah-cah....!! ngko yen keno virus lak yo mlh repot kabeh to..!! akhirnya saat itu juga kami dengan tidak menaruh rasa belas kasian segera memecat deepfreeze yang telah menjadi system restore secara de facto warnet di Indonesia ini, sebagai gantinya kami menggunakan program system restore lainya yang relatif lebih aman dari tangan jahil.(thx's to: returnil, steady safe, shadow defender & ctm)


- LOW VOLTAGE
secara tiba-tiba beberapa komputer restart dengan sendirinya, klo cuman salah satu komputer sih gpp, lha ini hampir semua mengalami gejala yg sama, setelah dilakukan pengecekan tegangan, ternyata cuman dapet 170V, jauh banget dari standar, akhirnya malam itu kontak PLN, begitu diperiksa ke atap, ternyata kerusakan berasal dari jalur trafo di tiang PLN sebrang jalan, pantes saja tetangga sebelah juga ikut2-an ngadat peralatan elektroniknya, mungkin sambunganya kendor alias kurang kenceng kali ya! :) (thx's to Staff PLN Delanggu dg aksi heroiknya bergelantungan di tiang akhirnya berhasil mengatasi keadaan)


- HDD Data Center ERROR
File-file multimedia berat banget diakses dari client, ketika cb login ke Multimedia server, ternyata berat jg, pokoke lola bangetlah, coba direstart, Windows-nya lama banget ngak njedul-njedul, keliatan baget klo CPU-nya kerja berat ampe ngos-ngosan, coba ganti PSU dengan yang True Power tetap sama, akhirnya kecurigaan mengarah pada HDD, dan ternyata bener..!, ketika HDD yang dicurigai dilepas, kemudian direstart ulang akhirnya ngacir lagi seperti sedia kala, kesimpulanya HDD emang udah g' bener, mungkin gara2 Shutdown secara paksa karena beberapa waktu yang lalu listrik PLN sempat drop kali ya!, untunge wae garansi HDD 3 tahun, meski udah nyaris abis ternyata masih bisa ditukar,... slamett... slamet.. (thx's to mas Sri OPTIMA)



- KESAMBER BLEDEK
Sore itu mendung hitam, tak lama kemudia turun hujan cukup deras disertai dipetir menyambar, dan salah satu dari petir tersebut kebetulan berhasil menyambar jaringan kami dengan sukses, ditandai dengan matinya listrik PLN, dan ketika listrik nyala, ternyata ada beberapa CPU nekad g' mau nyala sama sekali, dan beberapa dalam keadaan sentik-sentik (cuman kena LAN cardnya doank). akhirnya jam 7 malam itu juga kami putuskan tutup, setelah diperiksa oleh staff ahli IT kami, ternyata Switch Hub ama Modem ADSL D-Link yang telah setia selama 4 tahun menemani kami, telah menghadap Illahi alias tewas seketika di tempat kejadian perkara. beruntung Mikrotik Routerboard kami cuman mati salah satu Lan-nya, sehingga masih bisa dialihkan ke port Lan yg lainya. untuk MB yg tewas, karena masih relatif baru gw klaim aja garansinya... (thx's to ibnu aurora)

       (       )  (   (   (       (       
   (   )\ ) ( /(  )\ ))\ ))\ )    )\ )    
   )\ (()/( )\())(()/(()/(()/( ( (()/((   
 (((_) /(_)|(_)\  /(_))(_))(_)))\ /(_))\  
 )\___(_))   ((_)(_))(_))(_))_((_|_))((_) 
((/ __| _ \ / _ \/ __/ __| |_  (_) _ \ __|
 | (__|   /| (_) \__ \__ \ __| | |   / _| 
  \___|_|_\ \___/|___/___/_|   |_|_|_\___|


             CROSSFiRE netcafe
       high speed internet access

             DELANGGU - KLATEN
       crossfire.delanggu@gmail.com
      crossfire.delanggu@yahoo.co.id
   http://crossfire-net.blogspot.com
           (p)+(c) 2007 - 2013

+--|X|----------CROSSFiRE----------------+

 

Thank's to:
  • Bonnet
  • A+
  • Kinjeng net

0 comments: