21 Maret 2014

Melacak Smartphone yang hilang

  • Share
  • [i]
Sebenarnya bisa menemukan ponsel yang hilang berdasarkan IMEI. Hanya saja ini membutuhkan kerjasama dari operator. Database berupa nomor IMEI dari ponsel yang digunakan, akan muncul di operator ketika tersambung dengan SIM card mereka.

Sayangnya, sepertinya di negara kita belum ada aturan yang bisa membuat orang awam meminta tolong ke operator untuk melacaknya. Sepertinya data tersebut masih dianggap bagian dari privasi dan hanya bisa diakses pihak berwajib untuk kepentingan khusus saja.

Beberapa smartphone sudah menyiapkan fitur pelacakan yang akan membantu pemilik jika smartphonenya hilang, tertinggal, atau lupa menyimpannya di mana. Lakukan hal ini sejak pertama kali membeli ponsel atau sehabis factory reset.

OS Android
Masukkan akun Google atau Gmail. Masuk ke Setting, Security, Device Administrators, dan centang dibagian Android Device Manager. Pastikan juga di bagian Setting, Location, di centang bagian Let Google app access your location dan GPS Satellites. Untuk mereka yang sudah memakai OS KitKat, pilihan setting location di High Accuracy.
Jika kita kehilangan smartphone Android tersebut, bisa mengakses posisinya via web browser ke alamat ini, masukkan akun Google/Gmail yang dipakai di Android kita, maka akan terbuka menu untuk melihat posisi ponsel kita, bahkan membunyikan, mengunci atau menghapus datanya.
Atau bisa juga tanpa melalui browser, dengan menginstalkan aplikasi Android

Device Manager pada ponsel Android lain yang bisa di download di sini. Selain cara di atas, masih banyak lagi aplikasi third party yang sama yang bisa diinstalkan di android. Beberapa bahkan terintegrasi dalam aplikasi antivirus.

Salah satu aplikasi yang bagus, yang bisa memberitahukan dan memotret pencurinya bahkan ketika simcard di ganti adalah Cerberus Anti Theft. Bisa diunduh di Playstore di link ini.

OS Blackberry
Kalau belum tersedia di Blackberry Anda, installkan Blackberry Protect yang bisa di-download free dari appworld. Jalankan settingan Blackberry Protect pertama kali dengan memasukkan Blackberry ID Untuk melacak Blackberry yang tertinggal atau hilang, masuk via browser web ke Protect BlackBerry, kemudian akan diminta akun Blackberry ID anda yang biasanya berupa alamat email dan password.

Sebagian pemilik BlackBerry sering tidak aware akan akun Blackberry ID-nya, atau lupa. Jadi biasakan untuk selalu mengingatnya.

iOS Apple
Pada Home Screen, pilih setting, kemudian klik iCloud. Jika belum memasukkan apple ID, akan diminta untuk memasukkan apple ID. Jika belum memilikinya, akan diminta untuk membuatnya. Ingatlah selalu dengan baik apple ID Anda, karena setelah iOS 7, setiap kali kita mem-factory reset iPhone/iPad/iPad kita hal pertama yang akan diminta otomatis adalah apple ID untuk bisa memakainya kembali.

Pindahkan posisi bar Find My iPhone / iPad/ iPod ke posisi On untuk mengaktifkan fitur pelacakan kalau saja handphone tertinggal atau hilang. Untuk mencari device yang hilang atau tertinggal, masuk via web browser ke iCloud. Masukkan apple ID Anda, dan pilih menu Find My iPhone.

Sumber:
http://inet.detik.com/read/2014/03/21/104315/2532578/1569/1/bermodal-imei-bisakah-ponsel-hilang-terlacak

1 comments:

Komputer Kasir mengatakan...

dulu hp yg hilang cuma hp bisa... jadi ya ikhlas aja