25 Agustus 2011

Mematikan Musik autoplay, Silverlight, dan Flash dari Sebuah Web/blog yang Dikunjungi

  • Share
  • [i]
Pernahkah kalian mengalami hal yang amat sangat menjengkelkan saat nyantai dengerin lagu kesayangan lewat winamp sambil googling nyari artikel tiba-tiba dikejutkan secara mendadak oleh suara bising ribut dari salah satu blog hasil pencarian si google (kebiasaan kita kalo pake search enggine pasti buka lebih dari 1 halaman, bahkan biasanya sampai lebih 5 page, dengan open new tab)

Ternyata salah satu blog/web tersebut memasang widget/plugin flash buat muter musik atau radio streaming secara otomatis (autoplay).
gw yakin kalian pasti gedandapan, bingung & sibuk nyari-nyari satu persatu blog biang keladi keributan tersebut, nyari blog lebay mana yang yang bikin onar, nyari'in blog alay mana yang tanpa permisi gedombrengan ra karuan,  kemudian setelah ketemu, kalian harus bolak-balik scroll keatas-kebawah nyariin letak si widget sialan tersebut bercokol, baru kemudian dengan gemas mematikannya...klik.... huuffttt.. menjengkelkan sekali bukan?!?, seringkali karena jengkel, langsung gw close aja blog tersebut tanpa sempat baca isinya sama sekali!!

Lebih nganyelne lagi jika ternyata blog alayer tersebut kontennya menarik dan cocok dengan yang kita cari, mosok tiap kali klik postingan artikel lainnya (refresh page) kita dipaksa dengerin suara berisik tersebut.. karena si blogger masang flashnya bukan di salah satu postingan, tapi sebagai widget.
Coba bayangkan jika ada 2-3 blog alay macam itu kita buka bareng-bareng, kebayang betapa riuh dan semrawut suasana kan.
Untuk pengguna Firefox di Windows/ Mac/ Linux, hal yang sangat mengganggu seperti itu kini bisa diatasi dengan menggunakan Firefox extension bernama Flashblock. Add on ini bisa mencegah musik, silverlight, dan flash dimainkan secara otomatis saat anda memasuki sebuah website/blog. 

Dengan mengaktifkan flashblock, maka setiap widget/plugin flash pada blog yang kita kunjungi akan di tampilkan dengan icon flash yang akan berubah menjadi icon tombol play ketika kita taruh kursor diatasnya, yang berfungsi sebagai tombol play manual.

Dengan plugin flashblock ini widget blog statistik berbasis flash seperti histats, revolvermaps, detik, dll dan juga link youtube akan ditampilkan dengan icon flash, lantas bagaimana dengan blog yang nampilin link ke youtube? jangan kuatir buat blog-blog manis kayak gitu bisa diakalin kok, sehingga tampilan link ke youtube tetep nampilin gambar previewnya dan bukanya icon flash, sehingga tampilanya masih tetep seger diliat.
Caranya adalah dengan menyeting option flashblock-nya
Option > Whitelist  masukkan http://www.youtube.com klik add, kemudian ok,
sekarang restart browser anda dan coba kunjungi blog yang postinganya nampilin link ke youtube, masih ada previewnya kan..
nih contoh postingan gw yang ada link ke youtubenya: The End Is The Beginning (Story of: STEVE JOBS) atau blog yang lainya adalah MP3 BAJAKAN yang hampir seluruh postinganya menampilkan link ke youtube.

Keuntungan penggunaan plugin flashblock ini antara lain:
  • Browsingan jadi lebih tenang dan damai tanpa rasa kuatir terganggu blog alay yg suka gedombrengan muter lagu tanpa permisi
  • Bandwidth lebih efisien, karena browser g' perlu susah payah repot2 download file flash yang g' penting tersebut.
  • Meski flashnya dibungkam, tapi tetep masih bisa dimainkan secara manual dengan mengeklik icon flash/play-nya tanpa perlu refresh ulang seluruh halaman
Silahkan download add on Flashblock untuk Firefox anda disini.
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/flashblock/

------------
NB: 
  • Trik ini sangat berguna untuk pengguna Window XP
  • Untuk Window 7, g' perlu susah-susah pake plugin ini, tinggal buka Master Volume mixer di pojok kanan bawah (icon speaker) dari situ tinggal atur volume dari masing-masing aplikasi yang sedang dibuka.

0 comments: