17 September 2011

Trik: Nyari Judul Lagu / Soundtrack film yang lagi diputer secara online

  • Share
  • [i]
Barusan salah satu sobat gw  demo aplikasi soundhund, puter lagu trus deketin iPhone ke speaker, tak lama kemudian munculah judul lagu, artis, serta liriknya.. wuih keren banget kan..!! (bisa diaplikasikan buat ikutan acara kuis tebak lagu tuh)

Kemudian iseng-iseng coba nyari software sejenis tapi yg versi PC, akhirnya ketemulah si Tunatic, tool keren buat nyari tau lagu baik dari audio player, youtube, radio/movie streaming ataupun soundtrack film yang sedang kalian puter, cukup dengerin lagu/soundtracknya & biarkan si Tunatic menebak judul dan artisnya, syaratnya tentu saja harus konek internet.

OK, g' usah banyak basa-basi segera samperin situs Tunatic 'n download aplikasinya yang cukup kecil (530KB) untuk versi Window dan Mac
setelah diinstall jangan lupa disetting dulu biar bisa capture dari output soundcard,
Caranya begini:
Jalankan Tunatic, trus klik kanan>Settings...

Trus muncul window kecil kek gini neh:
1. Pilih Realtek HD Audio Input, untuk soundcard yang lain dikira-kira aja, pokoknya pilih yang mirip-mirip itulah..

 2. Pilih Configure, maka akan terbukalah window Recording Control seperti diatas , kemudian pada control stereo mix, hilangkan tanda centangnya

Jika ternyata  stereo mix control-nya enggak muncul,
coba klik Options>Properties>Stereo Mix (lihat gambar dibawah ini)



NB: Jika pilihanya udah bener, ditandai dengan pergerakan graphic seirama dengan suara yang keluar dari soundcard, jika ternyata graphinya ngaco, atau bahkan ketika lagunya dimatiin tapi ternyata graphicnya masih gerak-gerak/naik turun, berarti pilihannya belum bener, benerin lagi dulu yah,,,!!

setelah kelar nyetingnya, sekarang coba puter lagu lewat sembarang audio player kesayangan kalian, bisa pake Super Winamp, media player, aimp, jet audio, audio streaming player, ataupun audio/video streaming yang berbasis web seperti youtube, 4shared dll.
untuk kali ini gw kasih contoh yang mayan sulit, coba nyari tau lagu dari soundtrack sebuah film, caranya kek gini neh...
jalankan Tunatic, kemudian puter film kesayangan kalian, 
nah.. pas nampilin soundtracknya segera klik Tunatic di icon pencarian (kaca pembesar)
biarkan sejenak si tunatic sibuk nyari judul yang tepat dari databasenya, yang ditandai dengan : 
Identifying song, please wait...

Taraaaaaaaaaaaaaaaa.... setelah jumpalitan ngubek-ubek databasenya, akhirnya tunaticpun berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik,

tuh simple banget bukan....

Hasil Test :
oh ya.. setelah melalui serangkaian test, ujicoba baik melalui koleksi mp3 gw maupun via radio streaming, ternyata g' semua lagu berhasil ketemu judulnya (mungkin databasenya kurang lengkap kali yah)
dan ketika gw kompare ama soundHound dari iphone, dengan media test lagu enter sandman versi live-nya metallica dari youtube, si tunatic menyerah pasrah tanpa bisa nemuin judulnya sama sekali, tapi si soundhound-nya iPhone berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, bahkan g' cuman judul & artisnya doank, tapi komplit ama year release 'n liriknya sekalian....

Kesimpulannya: 
SoundHound lebih keren 'n Database-nya lebih komplet
sayangnya g' support buat PC, tapi cuocok buat iPhone, iPad, symbian s-60 'n si tikus ijo Android

0 comments: