01 Desember 2010

Tutorial Setting CLOUD COMPUTING dengan GMAIL (Online Storage Gratis)

  • Share
  • [i]

Sebenarnya trik ini adalah tak lebih dari sekedar Online Storage, yang pertama kali gw kenal sejak tahun 2000-an dulu. berhubung akhir-akhir ini lagi trend tentang CLOUD COMPUTING, ya udah kita gunain aja istilah ini, terlepas dari bener atau g' ramasalah. hehehe...

Gw mengenal online storage ini tak lepas karena sifat pelupa gw.. waktu itu media storage flashdisk belum dikenal apalagi portable external hardrive masih menjadi barang mewah, maka disket atau CD lah media removable storage yg ada saat itu.

Berhubung mobilitas yang tinggi, seringkali harus bepergian keluar kota atau bahkan ke luar negeri, seringkali gw dibuat repot jika ingin mengakses file yang ternyata masih tertinggal di hardisk komputer atau disket. maka untuk mengatasi hal ini, gw akalin dengan cara mengirimkannya sebagai attachment ke email gw sendiri, sehingga setiap saat bisa di akses kapan & di manapun selama masih ada koneksi internet, yeah its really work guys...!! 

Kemudian sempat nyoba Online storage gratisan ( klo g' salah X:drive ) cukup asyik juga menggunakan cara ini, serasa punya virtual drive yang bisa diakses darimana saja, tp layanan ini sekarang telah ditutup, sehingga file2 gw ikutan musnah, sehingga balik ke cara primitif, yaitu kirim ke account email sendiri lagi.

Baru beberapa saat kemudian gw nemuin satu tool kecil yang berjuluk  GMail Drive Shell Extension 1.0.17 Beta yang berfungsi untuk mengemulasikan account Gmail kita seakan-akan sebagai LOCAL DRIVE di komputer kita.

OK berikut ini cara nyetting GMail Drive Shell:
  • Bikin Account Gmail khusus untuk Online storage / Cloud Computing (karena kalau pakai account email yg kita gunakan, ntar waktu buka email mlh binggung sendiri karena antara email & file storage kita jadi nyampur, tapi kalau dilihat dari LOCAL DRIVE tetep bersih alias email tidak kelihatan)
  • Download dan install software GMail Drive Shell Extension 1.0.17 Beta
  • Setelah diinstal maka akan muncul folder baru bernama GMail Drive

Install Aplikasi GMail Drive Shell Extension

Muncul Folder baru GMail Drive

  • Ketika pertama kali di klik maka akan muncul form login ke account GMail kita, isi username & password dari account gmail kita.

Isi username & Password, bila perlu auto login bisa dicentang

  • That's all, online storage kita siap digunakan & sebagai sarana cloud computing yang murah meriah, dimana kita bisa mengakses file2 tersebut dari belahan dunia manapun, bahkan diwarnet sekalipun g' masalah.


Untuk bikin Folder cukup klik kanan New>Folder seperti biasa


Proses enumerating File/Folder


Tampilan web GMail


Keuntungan menggunakan sistem online storage/cloud computing seperti ini adalah, 
  • File2 kita tersimpan secara online (servernya GMail) sehingga dapat diakses dimana saja
  • Terintegrasi dengan Windows Explorer, serasa bekerja dengan Local Drive.
  • Bisa digunakan sebagai sarana berbagi pakai untuk multi user, sebenarnya bukan multi user sih, karena tetap menggunakan ID dan password yang sama, tetapi bisa diakses dari beberapa tempat dalam waktu bersamaan. (udah gw coba instal GMail drive ini di beberapa komputer yang terpisah, di beberapa lokasi yang berjauhan.)
Kelemahan:
  • Karena tersimpan secara online, maka dibutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya.
  • Waktu upload & download tergantung dari ukuran file dan bandwith koneksi internet yang digunakan.

Tip Trik :
  • Untuk membuka file, bisa langsung dobel click maka akan terbuka secara otomatis, tapi untuk menyimpan, hendaknya ke folder local dahulu (misal: my document) baru kemudian di rename dengan nama yg sama baru kemudian drag ke GMail drive kemudian pilih replace.
  • Sebelum membuka file, Refresh (klik kanan>refresh). sehingga tidak akan terjadi error, jika ternyata ada user lain telah mengedit file tersebut.
  • Sebaiknya opsi auto login tidak di centang, untuk menghindari orang yg tidak dikehendaki mengakses file2 kita secara tak sengaja.
Kesimpulan :
trik ini sebenarnya tak lebih dari cara lama, sekedar kirim attachment dengan menggunakan email seperti biasa, tetapi kelebihanya adalah telah diemulasikan sebagai folder ke dalam window explorer, sehingga tidak ribet karena seakan-akan kita sedang mengakses dari local drive, serta fasilitas berbagai pakai multi usernya akan mempermudah supervisor/bos/juragan untuk memeriksa pekerjaan/laporan dari anak buahnya.


semoga artikel ini bermanfaat....

0 comments: