Bookmark and Share

05 November 2009

Trik Membuka File Pdf terproteksi

  • Share
  • [i]

Banyak file PDF yang diproteksi pembuatnya supaya tidak bisa diedit atau dicetak. File ini memiliki ciri terdapat kata SECURED setelah nama file [e.g: php_basic.pdf (SECURED)] dan hanya bisa dibuka oleh si pembuat atau yang mengetahui passwordnya. Akhirnya mau tak mau kita harus mengetikkannya kembali.

Tentunya, artikel ini dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan kita bukan dengan tujuan lain semisal membajak karya orang lain dan plagiat. Pastinya ada maksud dari sang pembuat, sehingga file yang dibuat harus diproteksi, tinggal kembali pada diri kita masing-masing untuk lebih menghargai hasil karya pemikiran orang lain.

OK to the point aja yah, setelah sibuk googling & melalui proses trial & error akhir -nya ketemu juga nih beberapa metode cara mengatasi PDF secured tersebut:
  1. Dengan menggunakan software converter Pdf to HTML/Word (disini gw menggunakan software AXPDF atau pake versi Portable AXPDF freeware) rubah file pdf yang terproteksi tersebut ke document Word, kemudian buka dengan MS Word atau Open Office, andapun bisa meng-edit atau print document tersebut, jika cara ini tidak berhasil, coba cara ke 2 di bawah ini,
  2. Pada File Pdf yang menu File-Print terlihat warnanya abu-abu (tidak aktif). Ini berarti file PDF tersebut diproteksi agar tidak bisa dicetak (print-protected). Tapi ternyata dengan menggunakan software GSView dari Ghostgum file PDF ini masih bisa diprint. GSView adalah free software yang bisa didownload melalui gsview (Untuk bisa menjalankan program GSView anda juga perlu menginstal program Ghostscript (juga free software) atau donlot dari sini aja dah komplet tinggal instal doank.
  • Buka file PDF dengan GSView,
  • Pilih menu File-Convert dan pilih Device “pdfwrite” utk menghasilkan file PDF baru yang tidak proteksi.
  • File PDF yang dihasilkan akan bisa diprint maupun dicopy-paste.
Iseng-iseng gw malah sempet nyoba tool buat encrypt file pdf yg cukup tangguh, kalau pingin nyoba nih trialnya ada disini, pdf encrypt tool, ketika gw cb, ternyata metode gw g' bisa bekerja menghadapi file pdf hasil encrypt software ini hehehe... :D

2 comments:

Anonim mengatakan...

makasih infonya!oce

Taufik mengatakan...

Buat teman and temin yg mau mencoba anti virus SMADAV PRO tanpa mengeluarkan uang alias GRATIS ,..nih gue kasih link downloadnya, tinggal sedot...dot...dot..

http://www.ziddu.com/download/11058904/SMADAVPRO.rar.html

Bookmark and Share