06 Juni 2012

Evolusi Microsoft Windows dari Masa ke Masa

  • Share
  • [i]

 

Windows 1

Versi pertama Microsoft Windows punya interface warna 16 bit dan ukurannya kurang dari 1MB. Beberapa program dasar yang ada di Windows masa kini sudah terdapat di Windows 1 yang dirilis tahun 1985 ini.
Misalnya saja program Paint, Notepad, Clipboard dan pemroses kata bernama Write yang mirip dengan Notepad. Juga terdapat jam, kalender, control panel dan game bernama Reversi.


Windows 2
Windows 2 diperkenalkan Microsoft pada tahun 1987 sebagai kelanjutan dari Windows 1. Versi ini menandai debut aplikasi Excel dan Word yang membuatnya sukses di pasaran.
Pembaharuan lainnya seperti grafis VGA. Windows 2 juga merupakan versi Windows terakhir yang bisa dijalankan dari sistem floopy disk dan tidak membutuhkan hardisk.
Windows 3
Microsoft melakukan berbagai pembaharuan dalam rilis versi Windows 3 pada bulan Mei 1990. Banyak pihak menilai grafis dan interface di Windows 3 adalah yang pertama kali mampu menandingi Apple Macintosh.
Sistem Windows 3 termasuk File Manager dan Program Manager yang juga ada di versi modern Windows. Ekstensi multimedia tersedia di drive CD ROM dan sound card.


Windows 95


Berkode nama Chicago, Windows 95 memiliki support user interface full grafis. Windows 95 juga punya dukungan akses internet built in, plug and play untuk memudahkan install hardware serta software baru dan kemampuan untuk switch antara 32 bit dan 16 bit.
Terdapat 5 versi Windows 95. Versi ini termasuk yang paling sukses di pasaran dalam sejarah sistem operasi Microsoft.
Windows 98
Windows 98 yang berkode nama Memphis dideskripsikan sebagai sistem operasi "Works Better, Plays Better". Didesain khususnya untuk pasar konsumer, Windows 98 punya web browser terintegrasi Internet Explorer.
Selain Internet Explorer, Windows 98 juga punya aplikasi berlimpah. Seperti Outlook Express, Windows Address Book, FrontPage Express, Microsoft Chat, Personal Web Server dan Web Publishing Wizard.



Windows 2000
Windows 2000 Professional didesain sebagai alternatif bisnis Windows 95, 98, dan NT Workstation 4.0. Versi ini dirancang mudah digunakan, punya kompabilitas internet dan support mobile computing.
Windows 2000 yang diluncurkan untuk merayakan pergantian milenium ini dirancang untuk digunakan di bagi komputer personal, dekstop bisnis, laptop dan server. Microsoft memperkenalkannya pada akhir tahun 1999.
Windows ME
Windows ME adalah suksesor Windows 98. Versi ini ditargetkan terutama untuk pengguna PC rumahan. Windows ME antara lain punya browser Internet Explorer 5.5, dan Windows Media Player 7.
Juga ada aplikasi bernama Windows Movie Maker. Software ini memungkinkan pengguna mengedit video dan didesain mudah digunakan.



Windows XP
Diluncurkan pada tahun 2001, Windows XP adalah salah satu produk paling sukses dalam sejarah Microsoft. Sampai sekarang pun masih banyak yang masih menggunakannya meski usianya sudah terbilang uzur.
Windows XP menampilkan desain yang fresh dibanding para pendahulunya. Selain itu juga mudah digunakan sehingga membuatnya jadi favorit.
Windows Vista
 
Dikenal dengan kode nama Longhorn, Windows Vista mulai dipasarkan pada awal tahun 2007. Jarak peluncuran antara Windows XP dan Windows Vista adalah yang terlama dalam sejarah update OS Microsoft, lebih dari lima tahun.
Meski cukup sukses di pasaran, Windows Vista banyak kena kritik. Misalnya OS ini kurang kompatibel dengan berbagai macam software dan hardware.



Windows 7
Windows 7 mulai dipasarkan pada Oktober 2009. Kurang dari tiga tahun sesudah peluncuran Windows Vista yang dinilai sebagai produk kurang menarik.
Selain digunakan di PC, Windows 7 juga cukup banyak dipakai sebagai OS komputer tablet. Namun banyak yang menganggap kurang cocok menjadi platform tablet sehingga tablet Windows 7 kurang bergaung di pasar.


Sumber :
http://inet.detik.com/read/2012/06/05/115130/1933053/317/2/evolusi-microsoft-windows-dari-masa-ke-masa

0 comments: