24 Februari 2016

CNC Software Workflow

  • Share
  • [i]

Saat mempelajari CNC untuk pertama kali sangat dipusingkan dengan berbagai macam software, serta bingung mau pakai software yang mana? akhirnya setelah lama berkutat mendalami seluk beluk cnc,  ketemu garis besarnya, maka artikel ini kami buat buat untuk memudahkan pemahaman bagi yang mau belajar cnc sendiri.
Software terkait mesin CNC pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi 3
1. Software untuk membuat Design (CAD)
- AutoCAD
- Sketchup
- Blender
- Rhinoceros
- Eagle (PCB)
- Diptrace  (PCB)

2. Software untuk membuat Toolpath serta mengekspornya menjadi G-Code (CAM atau CAD/CAM)
- Cam Bam
- Vectric Aspire
- ArtCAM
- MasterCAM
- Coppercam (PCB)

3. Software Mesin Controler  CNC
- Mach3
- LinuxCNC
- GRBL + GCode Sender

Pertama kali yang kita lakukan adalah mendesain/menggambar dengan software CAD.
Kemudian hasilnya kita import dengan software CAD/CAM untuk dibuat toolpath yang sesuai (profile, pocket, vcarve, drilling dsb), dalam tahap ini kita bisa preview / simulasikan gerakan spindel mesin, setelah sesuai dengan yang kita inginkan barulah kita export ke G-Code file (sebaiknya saat export ke G-Code ini kita sesuaikan dengan Software Machine Controller yang akan kita pakai)
Yang terakhir adalah kita load file GCode tersebut dengan software mesin controller (Mach3,LinuxCNC), setting  G54 (koordinat kerja) jalankan mesin, done....

Oh ya, kadang dalam keadaan tertentu kita bisa melewatkan tahap pertama alias tidak menggunakan software CAD, tapi langsung pakai Software CAD/CAM yang kebanyakan sudah punya fungsi sebagai CAD juga kemudian hasilnya langsung ke G-Code.


0 comments: