Bookmark and Share

09 Mei 2009

Kumpulan Puisi Rendra

  • Share
  • [i]
Rendra
  • AKU TULIS PAMPLET INI
  • DOA SEORANG SERDADU SEBELUM BERPERANG
  • GERILYA
  • GUGUR
  • HAI, KAMU !
  • LAGU SEORANG GERILYA
  • LAGU SERDADU
  • MAZMUR MAWAR
  • NOTA BENE : AKU KANGEN
  • ORANG-ORANG MISKIN
  • PAMPLET CINTA
  • SAJAK ANAK MUDA
  • SAJAK BULAN MEI 1998 DI INDONESIA
  • SAJAK BULAN PURNAMA
  • SAJAK BURUNG-BURUNG KONDOR
  • SAJAK GADIS DAN MAJIKAN
  • SAJAK JOKI TOBING UNTUK WIDURI
  • SAJAK KENALAN LAMAMU
  • SAJAK MATA-MATA
  • SAJAK MATAHARI
  • SAJAK ORANG KEPANASAN
  • SAJAK PEPERANGAN ABIMANYU
  • SAJAK PERTEMUAN MAHASISWA
  • SAJAK POTRET KELUARGA
  • SAJAK PULAU BALI
  • SAJAK S L A
  • SAJAK SEBATANG LISONG
  • SAJAK SEBOTOL BIR
  • SAJAK SEONGGOK JAGUNG
  • SAJAK SEORANG TUA DI BAWAH POHON
  • SAJAK SEORANG TUA TENTANG BANDUNG LAUTAN API
  • SAJAK SEORANG TUA UNTUK ISTERINYA
  • SAJAK TANGAN
  • SAJAK WIDURI UNTUK JOKI TOBING
  • TAHANAN
  • Rumpun Alang-alang
  • Surat Cinta
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
AKU TULIS PAMPLET INI
Oleh :
W.S. Rendra

        Aku tulis pamplet ini
        karena lembaga pendapat umum
        ditutupi jaring labah-labah
        Orang-orang bicara dalam kasak-kusuk,
        dan ungkapan diri ditekan
        menjadi peng - iya - an
        Apa yang terpegang hari ini
        bisa luput besok pagi
        Ketidakpastian merajalela.
        Di luar kekuasaan kehidupan menjadi teka-teki
        menjadi marabahaya
        menjadi isi kebon binatang
        Apabila kritik hanya boleh lewat saluran resmi,
        maka hidup akan menjadi sayur tanpa garam
        Lembaga pendapat umum tidak mengandung pertanyaan.
        Tidak mengandung perdebatan
        Dan akhirnya menjadi monopoli kekuasaan
        Aku tulis pamplet ini
        karena pamplet bukan tabu bagi penyair
        Aku inginkan merpati pos.
        Aku ingin memainkan bendera-bendera semaphore di tanganku
        Aku ingin membuat isyarat asap kaum Indian.
        Aku tidak melihat alasan
        kenapa harus diam tertekan dan termangu.
        Aku ingin secara wajar kita bertukar kabar.
        Duduk berdebat menyatakan setuju dan tidak setuju.
        Kenapa ketakutan menjadi tabir pikiran ?
        Kekhawatiran telah mencemarkan kehidupan.
        Ketegangan telah mengganti pergaulan pikiran yang merdeka.
        Matahari menyinari airmata yang berderai menjadi api.
        Rembulan memberi mimpi pada dendam.
        Gelombang angin menyingkapkan keluh kesah
              yang teronggok bagai  sampah
              Kegamangan. Kecurigaan.
              Ketakutan.
              Kelesuan.
        Aku tulis pamplet ini
        karena kawan dan lawan adalah saudara
        Di dalam alam masih ada cahaya.
        Matahari yang tenggelam diganti rembulan.
        Lalu besok pagi pasti terbit kembali.
        Dan di dalam air lumpur kehidupan,
        aku melihat bagai terkaca :
        ternyata kita, toh, manusia !
        Pejambon Jakarta 27 April 1978
        Potret Pembangunan dalam Puisi

DOA SEORANG SERDADU SEBELUM BERPERANG
Oleh :
W.S. Rendra

                        Tuhanku,
                        WajahMu membayang di kota terbakar
                        dan firmanMu terguris di atas ribuan
                        kuburan yang dangkal
                        Anak menangis kehilangan bapa
                        Tanah sepi kehilangan lelakinya
                        Bukannya benih yang disebar di bumi subur ini
                        tapi bangkai dan wajah mati yang sia-sia
                        Apabila malam turun nanti
                        sempurnalah sudah warna dosa
                        dan mesiu kembali lagi bicara
                        Waktu itu, Tuhanku,
                        perkenankan aku membunuh
                        perkenankan aku menusukkan sangkurku
                        Malam dan wajahku
                        adalah satu warna
                        Dosa dan nafasku
                        adalah satu udara.
                        Tak ada lagi pilihan
                        kecuali menyadari
                        -biarpun bersama penyesalan-
                        Apa yang bisa diucapkan
                        oleh bibirku yang terjajah ?
                        Sementara kulihat kedua lengaMu yang capai
                        mendekap bumi yang mengkhianatiMu
                        Tuhanku
                        Erat-erat kugenggam senapanku
                        Perkenankan aku membunuh
                        Perkenankan aku menusukkan sangkurku
                                                      Mimbar Indonesia
                                                      Th. XIV, No. 25
                                                      18 Juni 1960

GERILYA
Oleh :
W.S. Rendra

                        Tubuh biru
                        tatapan mata biru
                        lelaki berguling di jalan
                        Angin tergantung
                        terkecap pahitnya tembakau
                        bendungan keluh dan bencana
                        Tubuh biru
                        tatapan mata biru
                        lelaki berguling dijalan
                        Dengan tujuh lubang pelor
                        diketuk gerbang langit
                        dan menyala mentari muda
                        melepas kesumatnya
                        Gadis berjalan di subuh merah
                        dengan sayur-mayur di punggung
                        melihatnya pertama
                        Ia beri jeritan manis
                        dan duka daun wortel
                        Tubuh biru
                        tatapan mata biru
                        lelaki berguling dijalan
                        Orang-orang kampung mengenalnya
                        anak janda berambut ombak
                        ditimba air bergantang-gantang
                        disiram atas tubuhnya
                        Tubuh biru
                        tatapan mata biru
                        lelaki berguling dijalan
                        Lewat gardu Belanda dengan berani
                        berlindung warna malam
                        sendiri masuk kota
                        ingin ikut ngubur ibunya
                                                Siasat
                                                Th IX, No. 42
                                                1955

GUGUR
Oleh :
W.S. Rendra

                  Ia merangkak
                  di atas bumi yang dicintainya
                  Tiada kuasa lagi menegak
                  Telah ia lepaskan dengan gemilang
                  pelor terakhir dari bedilnya
                  Ke dada musuh yang merebut kotanya
                  Ia merangkak
                  di atas bumi yang dicintainya
                  Ia sudah tua
                  luka-luka di badannya
                  Bagai harimau tua
                  susah payah maut menjeratnya
                  Matanya bagai saga
                  menatap musuh pergi dari kotanya
                  Sesudah pertempuran yang gemilang itu
                  lima pemuda mengangkatnya
                  di antaranya anaknya
                  Ia menolak
                  dan tetap merangkak
                  menuju kota kesayangannya
                  Ia merangkak
                  di atas bumi yang dicintainya
                  Belumlagi selusin tindak
                  mautpun menghadangnya.
                  Ketika anaknya memegang tangannya
                  ia berkata :
                  " Yang berasal dari tanah
                  kembali rebah pada tanah.
                  Dan aku pun berasal dari tanah
                  tanah Ambarawa yang kucinta
                  Kita bukanlah anak jadah
                  Kerna kita punya bumi kecintaan.
                  Bumi yang menyusui kita
                  dengan mata airnya.
                  Bumi kita adalah tempat pautan yang sah.
                  Bumi kita adalah kehormatan.
                  Bumi kita adalah juwa dari jiwa.
                  Ia adalah bumi nenek moyang.
                  Ia adalah bumi waris yang sekarang.
                  Ia adalah bumi waris yang akan datang."
                  Hari pun berangkat malam
                  Bumi berpeluh dan terbakar
                  Kerna api menyala di kota Ambarawa
                  Orang tua itu kembali berkata :
                  "Lihatlah, hari telah fajar !
                  Wahai bumi yang indah,
                  kita akan berpelukan buat selama-lamanya !
                  Nanti sekali waktu
                  seorang cucuku
                  akan menacapkan bajak
                  di bumi tempatku berkubur
                  kemudian akan ditanamnya benih
                  dan tumbuh dengan subur
                  Maka ia pun berkata :
                  -Alangkah gemburnya tanah di sini!"
                  Hari pun lengkap malam
                  ketika menutup matanya

HAI, KAMU !
Oleh :
W.S. Rendra

            Luka-luka di dalam lembaga,
            intaian keangkuhan kekerdilan jiwa,
            noda di dalam pergaulan antar manusia,
            duduk di dalam kemacetan angan-angan.
            Aku berontak dengan memandang cakrawala.
            Jari-jari waktu menggamitku.
            Aku menyimak kepada arus kali.
            Lagu margasatwa agak mereda.
            Indahnya ketenangan turun ke hatiku.
            Lepas sudah himpitan-himpitan yang mengekangku.
            Jakarta, 29 Pebruari 1978
            Potret Pembangunan dalam Puisi

LAGU SEORANG GERILYA
(Untuk puteraku Isaias Sadewa)
Oleh :
W.S. Rendra

        Engkau melayang jauh, kekasihku.
        Engkau mandi cahaya matahari.
        Aku di sini memandangmu,
        menyandang senapan, berbendera pusaka.
        Di antara pohon-pohon pisang di kampung kita yang berdebu,
        engkau berkudung selendang katun di kepalamu.
        Engkau menjadi suatu keindahan,
        sementara dari jauh
        resimen tank penindas terdengar menderu.
        Malam bermandi  cahaya matahari,
        kehijauan menyelimuti medan perang yang membara.
        Di dalam hujan tembakan mortir, kekasihku,
        engkau menjadi pelangi yang agung dan syahdu
        Peluruku habis
        dan darah muncrat dari dadaku.
        Maka  di saat seperti itu
        kamu menyanyikan lagu-lagu perjuangan
        bersama kakek-kakekku yang telah gugur
        di dalam berjuang membela rakyat jelata
        Jakarta, 2 september 1977
        Potret Pembangunan dalam Puisi

LAGU SERDADU
Oleh :
W.S. Rendra

                  Kami masuk serdadu dan dapat senapang
                  ibu kami nangis tapi elang toh harus terbang
                  Yoho, darah kami campur arak!
                  Yoho, mimpi kami patung-patung dari perak
                  Nenek cerita pulau-pulau kita indah sekali
                  Wahai, tanah yang baik untuk mati
                  Dan kalau ku telentang dengan pelor timah
                  cukilah ia bagi puteraku di rumah
                                                      Siasat
                                                      No.  630, th. 13
                                                      Nopember 1959


MAZMUR MAWAR
Kita muliakan Nama Tuhan
Kita muliakan dengan segenap mawar
Kita muliakan Tuhan yang manis,
indah, dan penuh kasih sayang
Tuhan adalah serdadu yang tertembak
Tuhan berjalan di sepanjang jalan becek
sebagai orang miskin yang tua dan bijaksana
dengan baju compang-camping
membelai kepala kanak-kanak yang lapar.
Tuhan adalah Bapa yang sakit batuk
Dengan pandangan arif dan bijak
membelai kepala para pelacur
Tuhan berada di gang-gang gelap
Bersama para pencuri, para perampok
dan para pembunuh
Tuhan adalah teman sekamar para penjinah
Raja dari segala raja
adalah cacing bagi bebek dan babi
Wajah Tuhan yang manis adalah meja pejudian
yang berdebu dan dibantingi kartu-kartu
Dan sekarang saya lihat
Tuhan sebagai orang tua renta
tidur melengkung di trotoar
batuk-batuk karena malam yang dingin
dan tangannya menekan perutnya yang lapar
Tuhan telah terserang lapar, batuk, dan selesma,
menangis di tepi jalan.
Wahai, ia adalah teman kita yang akrab!
Ia adalah teman kita semua: para musuh polisi,
Para perampok, pembunuh, penjudi,
pelacur, penganggur, dan peminta-minta
Marilah kita datang kepada-Nya
kita tolong teman kita yang tua dan baik hati.
Dikutip dari:
Sajak-sajak Sepatu Tua
Rendra
Pustaka Jaya

NOTA BENE : AKU KANGEN
Oleh :
W.S. Rendra

Lunglai - ganas karena bahagia dan sedih,
indah dan gigih cinta kita di dunia yang fana.
Nyawamu dan nyawaku dijodohkan langit,
dan anak kita akan lahir di cakrawala.
Ada pun mata kita akan terus bertatapan hingga berabad-abad lamanya.
Juwitaku yang cakap meskipun tanpa dandanan
untukmu hidupku terbuka.
Warna-warna kehidupan berpendar-pendar menakjubkan
Isyarat-isyarat getaran ajaib menggerakkan penaku.
Tanpa sekejap pun luput dari kenangan padamu
aku bergerak menulis pamplet, mempertahankan kehidupan.
            Jakarta, Kotabumi, 24 Maret 1978
            Potret Pembangunan dalam Puisi

ORANG-ORANG MISKIN
Oleh :
W.S. Rendra

        Orang-orang miskin di jalan,
        yang tinggal di dalam selokan,
        yang kalah di dalam pergulatan,
        yang diledek oleh impian,
        janganlah mereka ditinggalkan.
        Angin membawa bau baju mereka.
        Rambut mereka melekat di bulan purnama.
        Wanita-wanita bunting berbaris di cakrawala,
        mengandung buah jalan raya.
        Orang-orang miskin. Orang-orang berdosa.
        Bayi gelap dalam batin. Rumput dan lumut jalan raya.
        Tak bisa kamu abaikan.
        Bila kamu remehkan mereka,
        di jalan  kamu akan diburu bayangan.
        Tidurmu akan penuh igauan,
        dan bahasa anak-anakmu sukar kamu terka.
        Jangan kamu bilang negara ini kaya
        karena orang-orang berkembang di kota dan di desa.
        Jangan kamu bilang dirimu kaya
        bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
        Lambang negara ini mestinya trompah dan blacu.
        Dan perlu diusulkan
        agar ketemu presiden tak perlu berdasi seperti Belanda.
        Dan tentara di jalan jangan bebas memukul mahasiswa.
        Orang-orang miskin di jalan
        masuk ke dalam tidur malammu.
        Perempuan-perempuan bunga raya
        menyuapi putra-putramu.
        Tangan-tangan kotor dari jalanan
        meraba-raba kaca jendelamu.
        Mereka tak bisa kamu biarkan.
        Jumlah mereka tak bisa kamu mistik menjadi nol.
        Mereka akan menjadi pertanyaan
        yang mencegat ideologimu.
        Gigi mereka yang kuning
        akan meringis di muka agamamu.
        Kuman-kuman sipilis dan tbc dari gang-gang gelap
        akan hinggap di gorden presidenan
        dan buku programma gedung kesenian.
        Orang-orang miskin berbaris sepanjang sejarah,
        bagai udara panas yang selalu ada,
        bagai gerimis yang selalu membayang.
        Orang-orang miskin mengangkat pisau-pisau
        tertuju ke dada kita,
        atau ke dada mereka sendiri.
        O, kenangkanlah :
        orang-orang miskin
        juga berasal dari kemah Ibrahim
                    Yogya, 4 Pebruari 1978
                    Potret Pembangunan dalam Puisi


PAMPLET CINTA
Oleh :
W.S. Rendra

    Ma, nyamperin matahari dari satu sisi.
    Memandang wajahmu dari segenap jurusan.
    Aku menyaksikan zaman berjalan kalangkabutan.
    Aku melihat waktu melaju melanda masyarakatku.
    Aku merindukan wajahmu,
    dan aku melihat wajah-wajah berdarah para mahasiswa.
    Kampus telah diserbu mobil berlapis baja.
    Kata-kata telah dilawan dengan senjata.
    Aku muak dengan gaya keamanan semacam ini.
    Kenapa keamanan justru menciptakan ketakutan dan ketegangan
    Sumber keamanan seharusnya hukum dan akal sehat.
    Keamanan yang berdasarkan senjata dan kekuasaan adalah penindasan
    Suatu malam aku mandi di lautan.
    Sepi menjdai kaca.
    Bunga-bunga yang ajaib bermekaran di langit.
    Aku inginkan kamu, tapi kamu tidak ada.
    Sepi menjadi kaca.
    Apa yang bisa dilakukan oleh penyair
    bila setiap kata telah dilawan dengan kekuasaan ?
    Udara penuh rasa curiga.
    Tegur sapa tanpa jaminan.
    Air lautan berkilat-kilat.
    Suara lautan adalah suara kesepian.
    Dan lalu muncul wajahmu.
    Kamu menjadi makna
    Makna menjadi harapan.
    ……. Sebenarnya apakah harapan ?
    Harapan adalah karena aku akan membelai rambutmu.
    Harapan adalah karena aku akan tetap menulis sajak.
    Harapan adalah karena aku akan melakukan sesuatu.
    Aku tertawa, Ma !
    Angin menyapu rambutku.
    Aku terkenang kepada apa yang telah terjadi.
    Sepuluh tahun aku berjalan tanpa tidur.
    Pantatku karatan aku seret dari warung ke warung.
    Perutku sobek di jalan raya yang lengang…….
    Tidak. Aku tidak sedih dan kesepian.
    Aku menulis sajak di bordes kereta api.
    Aku bertualang di dalam udara yang berdebu.
    Dengan berteman anjing-anjing geladak dan kucing-kucing liar,
    aku bernyanyi menikmati hidup yang kelabu.
    Lalu muncullah kamu,
    nongol dari perut matahari bunting,
    jam duabelas seperempat siang.
    Aku terkesima.
    Aku disergap kejadian tak terduga.
    Rahmat turun bagai hujan
    membuatku segar,
    tapi juga menggigil bertanya-tanya.
    Aku jadi bego, Ma !
    Yaaah , Ma, mencintai kamu adalah bahagia dan sedih.
    Bahagia karena mempunyai kamu di dalam kalbuku,
    dan sedih karena kita sering berpisah.
    Ketegangan menjadi pupuk cinta kita.
    Tetapi bukankah kehidupan sendiri adalah bahagia dan sedih ?
    Bahagia karena  napas mengalir dan jantung berdetak.
    Sedih karena pikiran diliputi bayang-bayang.
    Adapun harapan adalah penghayatan akan ketegangan.
    Ma, nyamperin matahari dari satu sisi,
    memandang wajahmu dari segenap jurusan.
                Pejambon, Jakarta, 28 April 1978
                Potret Pembangunan dalam Puisi


SAJAK ANAK MUDA
Oleh :
W.S. Rendra

        Kita adalah angkatan gagap
        yang diperanakkan oleh angkatan takabur.
        Kita kurang pendidikan resmi
        di dalam hal keadilan,
        karena tidak diajarkan berpolitik,
        dan tidak diajar dasar ilmu hukum
        Kita melihat kabur pribadi orang,
        karena tidak diajarkan kebatinan atau ilmu jiwa.
        Kita tidak mengerti uraian pikiran lurus,
        karena tidak diajar filsafat atau logika.
        Apakah kita tidak dimaksud
        untuk mengerti itu semua ?
        Apakah kita hanya dipersiapkan
        untuk menjadi alat saja ?
        inilah gambaran rata-rata
        pemuda tamatan SLA,
        pemuda menjelang dewasa.
        Dasar pendidikan kita adalah kepatuhan.
        Bukan pertukaran pikiran.
        Ilmu sekolah adalah ilmu hafalan,
        dan bukan ilmu latihan menguraikan.
        Dasar keadilan di dalam pergaulan,
        serta pengetahuan akan kelakuan manusia,
        sebagai kelompok atau sebagai pribadi,
        tidak dianggap sebagai ilmu yang perlu dikaji dan diuji.
        Kenyataan di dunia menjadi remang-remang.
        Gejala-gejala yang muncul lalu lalang,
        tidak bisa kita hubung-hubungkan.
        Kita marah pada diri sendiri
        Kita sebal terhadap masa depan.
        Lalu akhirnya,
        menikmati masa bodoh dan santai.
        Di dalam kegagapan,
        kita hanya bisa membeli dan memakai
        tanpa bisa mencipta.
        Kita tidak bisa memimpin,
        tetapi hanya bisa berkuasa,
        persis seperti bapak-bapak kita.
        Pendidikan negeri ini berkiblat ke Barat.
        Di sana anak-anak memang disiapkan
        Untuk menjadi alat dari industri.
        Dan industri mereka berjalan tanpa berhenti.
        Tetapi kita dipersiapkan menjadi alat apa ?
        Kita hanya menjadi alat birokrasi !
        Dan birokrasi menjadi berlebihan
        tanpa kegunaan -
        menjadi benalu di dahan.
        Gelap. Pandanganku gelap.
        Pendidikan tidak memberi pencerahan.
        Latihan-latihan tidak memberi pekerjaan
        Gelap. Keluh kesahku gelap.
        Orang yang hidup di dalam pengangguran.
        Apakah yang terjadi di sekitarku ini ?
        Karena tidak bisa kita tafsirkan,
        lebih enak kita lari ke dalam puisi ganja.
        Apakah artinya tanda-tanda yang rumit ini ?
        Apakah ini ? Apakah ini ?
        Ah, di dalam kemabukan,
        wajah berdarah
        akan terlihat sebagai bulan.
        Mengapa harus kita terima hidup begini ?
        Seseorang berhak diberi ijazah dokter,
        dianggap sebagai orang terpelajar,
        tanpa diuji pengetahuannya akan keadilan.
        Dan bila ada ada tirani merajalela,
        ia diam tidak bicara,
        kerjanya cuma menyuntik saja.
        Bagaimana ? Apakah kita akan terus diam saja.
        Mahasiswa-mahasiswa ilmu hukum
        dianggap sebagi bendera-bendera upacara,
        sementara hukum dikhianati berulang kali.
        Mahasiswa-mahasiswa ilmu ekonomi
        dianggap bunga plastik,
        sementara ada kebangkrutan dan banyak korupsi.
        Kita berada di dalam pusaran tatawarna
        yang ajaib dan tidak terbaca.
        Kita berada di dalam penjara kabut yang memabukkan.
        Tangan kita menggapai untuk mencari pegangan.
        Dan bila luput,
        kita memukul dan mencakar
        ke arah udara
        Kita adalah angkatan gagap.
        Yang diperanakan  oleh angkatan kurangajar.
        Daya hidup telah diganti oleh nafsu.
        Pencerahan telah diganti oleh pembatasan.
        Kita adalah angkatan yang berbahaya.
            Pejambon, Jakarta, 23 Juni 1977
            Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK BULAN MEI 1998 DI INDONESIA
OLEH :
W.S. RENDRA

Aku tulis sajak ini di bulan gelap raja-raja.
Bangkai-bangkai tergeletak lengket di aspal jalan.
Amarah merajalela tanpa alamat.
Ketakutan muncul dari sampah kehidupan.
Pikiran kusut membentuk simpul-simpul sejarah.
O, jaman edan !
O, malam kelam pikiran insan !
Koyak-moyak sudah keteduhan tenda kepercayaan.
Kitab undang-undang tergeletak di selokan
Kepastian hidup terhuyung-huyung dalam comberan.
O, tatawarna fatamorgana kekuasaan !
O, sihir berkilauan dari mahkota raja-raja !
Dari sejak jaman Ibrahim dan Musa
Allah selalu mengingatkan
bahwa hukum harus lebih tinggi
dari keinginan para politisi, raja-raja, dan tentara.
O, kebingungan yang muncul dari kabut ketakutan !
O, rasa putus asa yang terbentur sangkur !
Berhentilah mencari ratu adil !
Ratu adil itu tidak ada. Ratu adil itu tipu daya !
Apa yang harus kita tegakkan bersama
adalah Hukum Adil.
Hukum Adil adalah bintang pedoman di dalam prahara.
Bau anyir darah yag kini memenuhi udara
menjadi saksi yang akan berkata :
Apabila pemerintah sudah menjarah Daulat Rakyat,
apabila cukong-cukong sudah menjarah ekonomi bangsa,
apabila aparat keamanan sudah menjarah keamanan,
maka rakyat yang tertekan akan mencontoh penguasa,
lalu menjadi penjarah di pasar dan jalan raya.
Wahai, penguasa dunia yang fana !
Wahai, jiwa yang tertenung sihir tahta !
Apakah masih buta dan tuli di dalam hati ?
Apakah masih akan menipu diri sendiri ?
Apabila saran akal sehat kamu remehkan
berarti pintu untuk pikiran-pikiran gelap
yang akan muncul dari sudut-sudut gelap
telah kamu bukakan !
Cadar kabut duka cita menutup wajah Ibu Pertiwi
Airmata mengalir dari sajakku ini.
Catatan :
Sajak ini dibuat di Jakarta pada 17 Mei 1998 dan dibacakan Rendra di DPR

SAJAK BULAN PURNAMA
Oleh :
W.S. Rendra

                Bulan terbit dari lautan.
                Rambutnya yang tergerai ia kibaskan.
                Dan menjelang malam,
                wajahnya yang bundar,
                menyinari gubug-gubug kaum gelandangan
                kota Jakarta.
                Langit sangat cerah.
                Para pencuri bermain gitar.
                dan kaum pelacur naik penghasilannya.
                Malam yang permai
                anugerah bagi sopir taksi.
                Pertanda nasib baik
                bagi tukang kopi di kaki lima.
                Bulan purnama duduk di sanggul babu.
                Dan cahayanya yang kemilau
                membuat tuannya gemetaran.
                “kemari, kamu !” kata tuannya
                “Tidak, tuan, aku takut nyonya !”
                Karena sudah penasaran,
                oleh cahaya rembulan,
                maka tuannya bertindak masuk dapur
                dan langsung menerkamnya
                Bulan purnama raya masuk ke perut babu.
                Lalu naik ke ubun-ubun
                menjadi mimpi yang gemilang.
                Menjelang pukul dua,
                rembulan turun di jalan raya,
                dengan rok satin putih,
                dan parfum yang tajam baunya.
                Ia disambar petugas keamanan,
                lalu disuguhkan pada tamu negara
                yang haus akan hiburan.
                Yogya, 22 Oktober 1976
                Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK BURUNG-BURUNG KONDOR
Oleh :
W.S. Rendra

        Angin gunung turun merembes ke hutan,
        lalu bertiup di atas permukaan kali yang luas,
        dan akhirnya berumah di daun-daun tembakau.
        Kemudian hatinya pilu
        melihat jejak-jejak sedih para petani - buruh
        yang terpacak di atas tanah gembur
        namun tidak memberi kemakmuran bagi penduduknya.
        Para tani - buruh bekerja,
        berumah di gubug-gubug tanpa jendela,
        menanam bibit di tanah yang subur,
        memanen hasil yang berlimpah dan makmur
        namun hidup mereka sendiri sengsara.
        Mereka memanen untuk tuan tanah
        yang mempunyai istana indah.
        Keringat mereka menjadi emas
        yang diambil oleh cukong-cukong pabrik cerutu di Eropa.
        Dan bila mereka menuntut perataan pendapatan,
        para ahli ekonomi membetulkan letak dasi,
        dan menjawab dengan mengirim kondom.
        Penderitaan mengalir
        dari parit-parit wajah rakyatku.
        Dari pagi sampai sore,
        rakyat negeriku bergerak dengan lunglai,
        menggapai-gapai,
        menoleh ke kiri, menoleh ke kanan,
        di dalam usaha tak menentu.
        Di hari senja mereka menjadi onggokan sampah,
        dan di malam hari mereka terpelanting ke lantai,
        dan sukmanya berubah menjadi burung kondor.
        Beribu-ribu burung kondor,
        berjuta-juta burung kondor,
        bergerak menuju ke gunung tinggi,
        dan disana mendapat hiburan dari sepi.
        Karena hanya sepi
        mampu menghisap dendam dan sakit hati.
        Burung-burung kondor menjerit.
        Di dalam marah menjerit,
        bergema di tempat-tempat yang sepi.
        Burung-burung kondor menjerit
        di batu-batu gunung menjerit
        bergema di tempat-tempat yang sepi
        Berjuta-juta burung kondor mencakar batu-batu,
        mematuki batu-batu, mematuki udara,
        dan di kota orang-orang  bersiap menembaknya.
        Yogya, 1973
        Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK GADIS DAN MAJIKAN
Oleh :
W.S. Rendra

            Janganlah tuan seenaknya memelukku.
            Ke mana arahnya, sudah cukup aku tahu.
            Aku  bukan ahli ilmu menduga,
            tetapi jelas sudah kutahu
            pelukan ini apa artinya…..
            Siallah pendidikan yang aku terima.
            Diajar aku berhitung, mengetik, bahasa asing,
            kerapian, dan tatacara,
            Tetapi lupa diajarkan :
            bila dipeluk majikan dari belakang,
            lalu sikapku bagaimana !
            Janganlah tuan seenaknya memelukku.
            Sedangkan pacarku tak berani selangsung itu.
            Apakah tujuan tuan, sudah cukup aku tahu,
            Ketika tuan siku teteku,
            sudah kutahu apa artinya……
            Mereka ajarkan aku membenci dosa
            tetapi lupa mereka ajarkan
            bagaimana mencari kerja.
            Mereka ajarkan aku gaya hidup
            yang peralatannya tidak berasal dari lingkungan.
            Diajarkan aku membutuhkan
            peralatan yang dihasilkan majikan,
            dan dikuasai para majikan.
            Alat-alat rias, mesin pendingin,
            vitamin sintetis, tonikum,
            segala macam soda, dan ijazah sekolah.
            Pendidikan membuatku terikat
            pada pasar mereka, pada modal mereka.
            Dan kini, setelah aku dewasa.
            Kemana lagi aku ‘kan lari,
            bila tidak ke dunia majikan ?
            Jangnlah tuan seenaknya memelukku.
            Aku bukan cendekiawan
            tetapi aku cukup tahu
            semua kerja di mejaku
            akan ke sana arahnya.
            Jangan tuan, jangan !
            Jangan seenaknya memelukku.
            Ah, Wah .
            Uang yang tuan selipkan ke behaku
            adalah ijazah pendidikanku
            Ah, Ya.
            Begitulah.
            Dengan yakin tuan memelukku.
            Perut tuan yang buncit
            menekan perutku.
            Mulut tuan yang buruk
            mencium mulutku.
            Sebagai suatu kewajaran
            semuanya tuan lakukan.
            Seluruh anggota masyarakat membantu tuan.
            Mereka pegang kedua kakiku.
            Mereka tarik pahaku mengangkang.
            Sementara tuan naik ke atas tubuhku.
            Yogya, 10 Juli 1975
            Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK JOKI TOBING UNTUK WIDURI
Oleh :
W.S. Rendra

            Dengan latar belakang gubug-gubug karton,
            aku terkenang akan wajahmu.
            Di atas debu kemiskinan,
            aku berdiri menghadapmu.
            Usaplah wajahku, Widuri.
            Mimpi remajaku gugur
            di atas padang pengangguran.
            Ciliwung keruh,
            wajah-wajah nelayan keruh,
            lalu muncullah rambutmu yang berkibaran
            Kemiskinan dan kelaparan,
            membangkitkan keangkuhanku.
            Wajah indah dan rambutmu
            menjadi pelangi di cakrawalaku.
            Nusantara Film, Jakarta, 9 Mei 1977
            Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK KENALAN LAMAMU
Oleh :
W.S. Rendra

    Kini kita saling berpandangan saudara.
    Ragu-ragu apa pula,
    kita memang pernah berjumpa.
    Sambil berdiri di ambang pintu kereta api,
    tergencet oleh penumpang berjubel,
    Dari Yogya ke Jakarta,
    aku melihat kamu tidur di kolong bangku,
    dengan alas kertas koran,
    sambil memeluk satu anakmu,
    sementara istrimu meneteki bayinya,
    terbaring di sebelahmu.
    Pernah pula kita satu truk,
    duduk di atas kobis-kobis berbau sampah,
    sambil meremasi tetek tengkulak sayur,
    dan lalu sama-sama kaget,
    ketika truk tiba-tiba terhenti
    kerna distop oleh polisi,
    yang menarik pungutan tidak resmi.
    Ya, saudara, kita sudah sering berjumpa,
    kerna sama-sama anak jalan raya.
    …………………............
    Hidup macam apa ini !
    Orang-orang dipindah kesana ke mari.
    Bukan dari tujuan ke tujuan.
    Tapi dari keadaan ke keadaan yang tanpa perubahan.
    ………….............
    Kini kita bersandingan, saudara.
    Kamu kenal bau bajuku.
    Jangan kamu ragu-ragu,
    kita memang pernah bertemu.
    Waktu itu hujan rinai.
    Aku menarik sehelai plastik dari tong sampah
    tepat pada waktu kamu juga menariknya.
    Kita saling berpandangan.
    Kamu menggendong anak kecil di punggungmu.
    Aku membuka mulut,
    hendak berkata sesuatu……
    Tak sempat !
    Lebih dulu tinjumu melayang ke daguku…..
    Dalam pandangan mata berkunang-kunang,
    aku melihat kamu
    membawa helaian plastik itu
    ke satu gubuk karton.
    Kamu lapiskan ke atap gubugmu,
    dan lalu kamu masuk dengan anakmu…..
    Sebungkus nasi yang dicuri,
    itulah santapan.
    Kolong kios buku di terminal
    itulah peraduan.
    Ya, saudara-saudara, kita sama-sama kenal ini,
    karena kita anak jadah bangsa yang mulia.
    …………..........
    Hidup macam apa hidup ini.
    Di taman yang gelap orang menjual badan,
    agar mulutnya tersumpal makan.
    Di hotel yang mewah istri guru menjual badan
    agar pantatnya diganjal sedan.
    ……...........
    Duabelas pasang payudara gemerlapan,
    bertatahkan intan permata di sekitar putingnya.
    Dan di bawah semuanya,
    celana dalam sutera warna kesumba.
    Ya, saudara,
    Kita sama-sama tertawa mengenang ini semua.
    Ragu-ragu apa pula
    kita memang pernah berjumpa.
    Kita telah menyaksikan,
    betapa para pembesar
    menjilati selangkang wanita,
    sambil kepalanya diguyur anggur.
    Ya, kita sama-sama germo,
    yang menjahitkan jas di Singapura
    mencat rambut di pangkuan bintang film,
    main golf, main mahyong,
    dan makan kepiting saus tiram di restoran terhormat.
    …….....
    Hidup dalam khayalan,
    hidup dalam kenyataan……
    tak ada bedanya.
    Kerna khayalan dinyatakan,
    dan kenyataan dikhayalkan,
    di dalam peradaban fatamorgana.
    ……….
    Ayo, jangan lagi sangsi,
    kamu kenal suara batukku.
    Kamu lihat lagi gayaku meludah di trotoar.
    Ya, memang aku. Temanmu dulu.
    Kita telah sama-sama mencuri mobil ayahmu
    bergiliran meniduri gula-gulanya,
    dan mengintip ibumu main serong
    dengan ajudan ayahmu.
    Kita telah sama-sama beli morphin dari guru kita.
    Menenggak valium yang disediakan oleh dokter untuk ibumu,
    dan akhirnya menggeletak di emper tiko,
    di samping kere di Malioboro.
    Kita alami semua ini,
    kerna kita putra-putra dewa di dalam masyarakat kita.
    …..
    Hidup melayang-layang.
    Selangit,
    melayang-layang.
    Kekuasaan mendukung kita serupa ganja…..
    meninggi…. Ke awan……
    Peraturan dan hukuman,
    kitalah yang empunya.
    Kita tulis dengan keringat di ketiak,
    di atas sol sepatu kita.
    Kitalah gelandangan kaya,
    yang perlu meyakinkan diri
    dengan pembunuhan.
    …........
    Saudara-saudara, kita sekarang berjabatan.
    Kini kita bertemu lagi.
    Ya, jangan kamu ragu-ragu,
    kita memang pernah bertemu.
    Bukankah tadi telah kamu kenal
    betapa derap langkahku ?
    Kita dulu pernah menyetop lalu lintas,
    membakari mobil-mobil,
    melambaikan poster-poster,
    dan berderap maju, berdemonstrasi.
    Kita telah sama-sama merancang strategi
    di panti pijit dan restoran.
    Dengan arloji emas,
    secara teliti kita susun jadwal waktu.
    Bergadang, berunding di larut kelam,
    sambil mendekap hostess di kelab malam.
    Kerna begitulah gaya pemuda harapan bangsa.
    Politik adalah cara merampok dunia.
    Politk adalah cara menggulingkan kekuasaan,
    untuk menikmati giliran berkuasa.
    Politik adalah tangga naiknya tingkat kehidupan.
    dari becak ke taksi, dari taksi ke sedan pribadi
    lalu ke mobil sport, lalu : helikopter !
    Politik adalah festival dan pekan olah raga.
    Politik adalah wadah kegiatan kesenian.
    Dan bila ada orang banyak bacot,
    kita cap ia sok pahlawan.
    …..........................
    Dimanakah kunang-kunag di malam hari ?
    Dimanakah trompah kayu di muka pintu ?
    Di hari-hari yang berat,
    aku cari kacamataku,
    dan tidak ketemu.
    ……............
    Ya, inilah aku ini !
    Jangan lagi sangsi !
    Inilah bau ketiakku.
    Inilah suara batukku.
    Kamu telah menjamahku,
    jangan lagi kamu ragau.
    Kita telah sama-sama berdiri di sini,
    melihat bianglala berubah menjadi lidah-lidah api,
    gunung yang kelabu membara,
    kapal terbang pribadi di antara mega-mega meneteskan air mani
    di putar blue-film di dalamnya.
    …………………
    Kekayaan melimpah.
    Kemiskinan melimpah.
    Darah melimpah.
    Ludah menyembur dan melimpah.
    Waktu melanda dan melimpah.
    Lalu muncullah banjir suara.
    Suara-suara di kolong meja.
    Suara-suara di dalam lacu.
    Suara-suara di dalam pici.
    Dan akhirnya
    dunia terbakar oleh tatawarna,
    Warna-warna nilon dan plastik.
    Warna-warna seribu warna.
    Tidak luntur semuanya.
    Ya, kita telah sama-sama menjadi saksi
    dari suatu kejadian,
    yang kita tidak tahu apa-apa,
    namun lahir dari perbuatan kita.
                    Yogyakarta, 21 Juni 1977
                    Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK MATA-MATA
Oleh :
W.S. Rendra

            Ada suara bising di bawah tanah.
            Ada suara gaduh di atas tanah.
            Ada ucapan-ucapan kacau di antara rumah-rumah.
            Ada tangis tak menentu di tengah sawah.
            Dan, lho, ini di belakang saya
            ada tentara marah-marah.
            Apaa saja yang terjadi ? Aku tak tahu.
            Aku melihat kilatan-kilatan api berkobar.
            Aku melihat isyarat-isyarat.
            Semua tidak jelas maknanya.
            Raut wajah yang sengsara, tak bisa bicara,
            menggangu pemandanganku.
            Apa saja yang terjadi ? Aku tak tahu.
            Pendengaran dan penglihatan
            menyesakkan perasaan,
            membuat keresahan -
            Ini terjadi karena apa-apa yang terjadi
            terjadi tanpa kutahu telah terjadi.
            Aku tak tahu. Kamu tak tahu.
            Tak ada yang tahu.
            Betapa kita akan tahu,
            kalau koran-koran ditekan sensor,
            dan mimbar-mimbar yang bebas telah dikontrol.
            Koran-koran adalah penerusan mata kita.
            Kini sudah diganti mata yang resmi.
            Kita tidak lagi melihat kenyataan yang beragam.
            Kita hanya diberi gambara model keadaan
            yang sudah dijahit oleh penjahit resmi.
            Mata rakyat sudah dicabut.
            Rakyat meraba-raba di dalam kasak-kusuk.
            Mata pemerintah juga diancam bencana.
            Mata pemerintah memakai kacamata hitam.
            Terasing di belakang meja kekuasaan.
            Mata pemerintah yang sejati
            sudah diganti mata-mata.
            Barisan mata-mata mahal biayanya.
            Banyak makannya.
            Sukar diaturnya.
            Sedangkan laporannya
            mirp pandangan mata kuda kereta
            yang dibatasi tudung mata.
            Dalam pandangan yang kabur,
            semua orang marah-marah.
            Rakyat marah, pemerinta marah,
            semua marah lantara tidak punya mata.
            Semua mata sudah disabotir.
            Mata yangbebas beredar hanyalah mata-mata.
            Hospital Rancabadak, Bandung, 28 Januari 1978
            Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK MATAHARI
Oleh :
W.S. Rendra

            Matahari bangkit dari sanubariku.
            Menyentuh permukaan samodra raya.
            Matahari keluar dari mulutku,
            menjadi pelangi di cakrawala.
            Wajahmu keluar dari jidatku,
            wahai kamu, wanita miskin !
            kakimu terbenam di dalam lumpur.
            Kamu harapkan beras seperempat gantang,
            dan di tengah sawah tuan tanah menanammu !
            Satu juta lelaki gundul
            keluar dari hutan belantara,
            tubuh mereka terbalut lumpur
            dan kepala mereka berkilatan
            memantulkan cahaya matahari.
            Mata mereka menyala
            tubuh mereka menjadi bara
            dan mereka membakar dunia.
            Matahri adalah cakra jingga
            yang dilepas tangan Sang Krishna.
            Ia menjadi rahmat dan kutukanmu,
            ya, umat manusia !
            Yogya, 5 Maret 1976
            Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK ORANG KEPANASAN
Oleh :
W.S. Rendra

Karena kami makan akar
dan terigu menumpuk di gudangmu
Karena kami hidup berhimpitan
dan ruangmu berlebihan
maka kami bukan sekutu
Karena kami kucel
dan kamu gemerlapan
Karena kami sumpek
dan kamu mengunci pintu
maka kami mencurigaimu
Karena kami telantar dijalan
dan kamu memiliki semua keteduhan
Karena kami kebanjiran
dan kamu berpesta di kapal pesiar
maka kami tidak menyukaimu
Karena kami dibungkam
dan kamu nyerocos bicara
Karena kami diancam
dan kamu memaksakan kekuasaan
maka kami bilang : TIDAK kepadamu
Karena kami tidak boleh memilih
dan kamu bebas berencana
Karena kami semua bersandal
dan kamu bebas memakai senapan
Karena kami harus sopan
dan kamu punya penjara
maka TIDAK dan TIDAK kepadamu
Karena kami arus kali
dan kamu batu tanpa hati
maka air akan mengikis batu
Suara Merdeka,    Jumat, 15 Mei 1998

SAJAK PEPERANGAN ABIMANYU
(Untuk puteraku, Isaias Sadewa)
Oleh :
W.S. Rendra

            Ketika maut mencegatnya di delapan penjuru.
            Sang ksatria berdiri dengan mata bercahaya.
            Hatinya damai,
            di dalam dadanya yang bedah dan berdarah,
            karena ia telah lunas
            menjalani kewjiban dan kewajarannya.
            Setelah ia wafat
            apakah petani-petani akan tetap menderita,
            dan para wanita kampung
            tetap membanjiri rumah pelacuran di kota ?
            Itulah pertanyaan untuk kita yang hidup.
            Tetapi bukan itu yang terlintas di kepalanya
            ketika ia tegak dengan tubuh yang penuh luka-luka.
            Saat itu ia mendengar
            nyanyian angin dan air yang turun dari gunung.
            Perjuangan adalah satu pelaksanaan cita dan rasa.
            Perjuangan adalah pelunasan kesimpulan penghayatan.
            Di saat badan berlumur darah,
            jiwa duduk di atas teratai.
            Ketika ibu-ibu meratap
            dan mengurap rambut mereka dengan debu,
            roh ksatria bersetubuh dengan cakrawala
            untuk menanam benih
            agar nanti terlahir para pembela rakyat tertindas
            - dari zaman ke zaman
                Jakarta, 2 Sptember 1977
                Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK PERTEMUAN MAHASISWA
Oleh :
W.S. Rendra

        Matahari terbit pagi ini
        mencium bau kencing orok di kaki langit,
        melihat kali coklat menjalar ke lautan,
        dan mendengar dengung lebah di dalam hutan.
        Lalu kini ia dua penggalah tingginya.
        Dan ia menjadi saksi kita berkumpul di sini
        memeriksa keadaan.
        Kita bertanya :
        Kenapa maksud baik tidak selalu berguna.
        Kenapa maksud baik dan maksud baik bisa berlaga.
        Orang berkata “ Kami ada maksud baik “
        Dan kita bertanya : “ Maksud baik untuk siapa ?”
        Ya ! Ada yang jaya, ada yang terhina
        Ada yang bersenjata, ada yang terluka.
        Ada yang duduk, ada yang diduduki.
        Ada yang berlimpah, ada yang terkuras.
        Dan kita di sini bertanya :
        “Maksud baik saudara untuk siapa ?
        Saudara berdiri di pihak yang mana ?”
        Kenapa maksud baik dilakukan
        tetapi makin banyak petani yang kehilangan tanahnya.
        Tanah-tanah di gunung telah dimiliki orang-orang kota.
        Perkebunan yang luas
        hanya menguntungkan segolongan kecil saja.
        Alat-alat kemajuan yang diimpor
        tidak cocok untuk petani yang sempit tanahnya.
        Tentu kita bertanya :
        “Lantas maksud baik saudara untuk siapa ?”
        Sekarang matahari, semakin tinggi.
        Lalu akan bertahta juga di atas puncak kepala.
        Dan di dalam udara yang panas kita juga bertanya :
        Kita ini dididik untuk memihak yang mana ?
        Ilmu-ilmu yang diajarkan di sini
        akan menjadi alat pembebasan,
        ataukah alat penindasan ?
        Sebentar lagi matahari akan tenggelam.
        Malam akan tiba.
        Cicak-cicak berbunyi di tembok.
        Dan rembulan akan berlayar.
        Tetapi pertanyaan kita tidak akan mereda.
        Akan hidup di dalam bermimpi.
        Akan tumbuh di kebon belakang.
        Dan esok hari
        matahari akan terbit kembali.
        Sementara hari baru menjelma.
        Pertanyaan-pertanyaan kita menjadi hutan.
        Atau masuk ke sungai
        menjadi ombak di samodra.
        Di bawah matahari ini kita bertanya :
        Ada yang menangis, ada yang mendera.
        Ada yang habis, ada yang mengikis.
        Dan maksud baik kita
        berdiri di pihak yang mana !
        Jakarta 1 Desember 1977
        Potret Pembangunan dalam Puisi

Sajak ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Universitas Indonesia di Jakarta, dan dibacakan di dalam salah satu adegan film “Yang Muda Yang Bercinta”, yang disutradarai oleh Sumandjaja.
SAJAK POTRET KELUARGA
Oleh :
W.S. Rendra

        Tanggal lima belas tahun rembulan.
        Wajah molek bersolek di angkasa.
        Kemarau dingin jalan berdebu.
        Ular yang lewat dipagut naga.
        Burung tekukur terpisah dari sarangnya.
Kepada rekannya berkatalah suami itu :
“Semuanya akan beres. Pasti beres.
Mengeluhkan keadaan tak ada gunanya.
Kesukaran selalu ada.
Itulah namanya kehidupan.
Apa yang kita punya sudah lumayan.
Asal keluarga sudah terjaga,
rumah dan mobil juga ada,
apa palgi yang diruwetkan ?
Anak-anak dengan tertib aku sekolahkan.
Yang putri di SLA, yang putra mahasiswa.
Di rumah ada TV, anggrek,
air conditioning, dan juga agama.
Inilah kesejahteraan yang harus dibina.
Kita mesti santai.
Hanya orang edan sengaja mencari kesukaran.
Memprotes keadaaan, tidak membawa perubahan.
Salah-salah malah hilang jabatan.”
………
        Tanggal lima belas tahun rembulan
        Angin kemarau tergantung di blimbing berkembang.
        Malam disambut suara halus dalam rumputan.
        Anjing menjenguk keranjang sampah.
        Kucing berjalan di bubungan atap.
        Dan ketonggeng menunggu di bawah batu.
Isri itu duduk di muka kaca dan berkata :
“Hari-hari mengalir seperti sungai arak.
Udara penuh asap candu.
Tak ada yang jelas di dalam kehidupan.
Peristiwa melayang-layang bagaikan bayangan.
Tak ada yang bisa diambil pegangan.
Suamiku asyik dengan mobilnya
padahal hidupnya penuh utang.
Semakin kaya semakin banyak pula utangnya.
Uang sekolah anak-anak selalu lambat dibayar.
Ya, Tuhan, apa yang terjadi pada anak-anakku.
Apakah jaminan pendidikannya ?
Ah, Suamiku !
Dahulu ketika remaja hidupnya sederhana,
pikirannya jelas pula.
Tetapi kini serba tidak kebenaran.
Setiap barang membuatnya berengsek.
Padahal harganya mahal semua.
TV Selalu dibongkar.
Gambar yang sudah jelas juga masih dibenar-benarkan.
Akhirnya tertidur…….
Sementara TV-nya membuat kegaduhan.
Tak ada lagi yang bisa menghiburnya.
Gampang marah soal mobil
Gampang pula kambuh bludreknya
Makanan dengan cermat dijaga
malahan kena sakit gula.
Akulah yang selalu kena luapan.
Ia marah karena tak berdaya.
Ia menyembunyikan kegagalam.
Ia hanyut di dalam kemajuan zaman.
Tidak gagah. Tidak berdaya melawannya !”
…......................................
            Tanggal lima belas tahun rembulan.
            Tujuh unggas tidur di pohon nangka
            Sedang di tanah ular mencari mangsa.
            Berdesir-desir bunyi kali dikejauhan.
            Di tebing yang landai tidurlah buaya.
            Di antara batu-batu dua ketam bersenggama.
Sang Putri yang di SLA, berkata :
“Kawinilah aku. Buat aku mengandung.
Bawalah aku pergi. Jadikanlah aku babu.
Aku membenci duniaku ini.
Semuanya serba salah, setiap orang gampang marah.
Ayah gampang marah lantaran mobil dan TV
Ibu gampang marah lantaran tak berani marah kepada ayah.
Suasana tegang di dalam rumah
meskipun rapi perabotannya.
Aku yakin keluargaku mencintaiku.
Tetapi semuanya ini untuk apa ?
Untuk apa hidup keluargaku ini ?
Apakah ayah hidup untuk mobil dan TV ?
Apakah ibu hidup karena tak punya pilihan ?
Dan aku ? Apa jadinya aku nanti ?
Tiga belas tahun aku belajar di sekolah.
Tetapi belum juga mampu berdiri sendiri.
Untuk apakah kehidupan kami ini ?
Untuk makan ? Untuk baca komik ?
Untuk apa ?
Akhirnya mendorong untuk tidak berbuat apa-apa !
Kemacetan mencengkeram hidup kami.
Kakasihku, temanilah aku merampok Bank.
Pujaanku, suntikkan morpin ini ke urat darah di tetekku “
………....................................
Tanggal lima belas tahun rembulan.
Atap-atap rumah nampak jelas bentuknya
di bawah cahaya bulan.
Sumur yang sunyi menonjol di bawah dahan.
Akar bambu bercahaya pospor.
Keleawar terbang menyambar-nyambar.
Seekor kadal menangkap belalang.
Sang Putra, yang mahasiswa, menulis surat dimejanya :
“ Ayah dan ibu yang terhormat,
aku pergi meninggalkan rumah ini.
Cinta kasih cukup aku dapatkan.
Tetapi aku menolak cara hidup ayah dan ibu.
Ya, aku menolak untuk mendewakan harta.
Aku menolak untuk mengejar kemewahan,
tetapi kehilangan kesejahteraan.
Bahkan kemewahan yang ayah punya
tidak juga berarti kemakmuran.
Ayah berkata : “santai, santai ! “
tetapi sebenarnya ayah hanyut
dibawa arus jorok keadaan
Ayah hanya punya kelas,
tetapi tidak punya kehormatan.
Kenapa ayah berhak mendapatkan kemewahan yang sekarang ayah miliki ini?
Hasil dari bekerja ? Bekerja apa ?
Apakh produksi dan jasa seorang birokrat yang korupsi ?
Seorang petani lebih produktip daripada ayah.
Seorang buruh lebih punya jasa yang nyata.
Ayah hanya bisa membuat peraturan.
Ayah hanya bisa tunduk pada atasan.
Ayah hanya bisa mendukung peraturan yang memisahkan rakyat dari penguasa.
Ayah tidak produktip melainkan destruktip.
Namun toh ayah mendapat gaji besar !
Apakah ayah pernah memprotes ketidakadilan ?
tidak pernah, bukan ?
Terlalu beresiko, bukan ?
Apakah aku harus mencontoh ayah ?
Sikap hidup ayah adalah pendidikan buruk bagi jiwaku.
Ayah dan ibu, selamat tinggal.
Daya hidupku menolak untuk tidak berdaya. “
Yogya, 10 Juli 1975.
Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK PULAU BALI
Oleh :
W.S. Rendra

            Sebab percaya akan keampuhan  industri
            dan yakin bisa memupuk modal nasional
            dari kesenian dan keindahan alam,
            maka Bali menjadi obyek pariwisata.
            Betapapun :
            tanpa basa-basi keyakinan seperti itu,
            Bali harus dibuka untuk pariwisata.
            Sebab :
            pesawat-pesawat terbang jet sudah dibikin,
            dan maskapai penerbangan harus berjalan.
            Harus ada orang-orang untuk diangkut.
            Harus diciptakan tempat tujuan untuk dijual.
            Dan waktu senggang manusia,
            serta masa berlibur untuk keluarga,
            harus bisa direbut oleh maskapai
            untuk diindustrikan.
            Dan Bali,
            dengan segenap kesenian,
            kebudayaan, dan alamnya,
            harus bisa diringkaskan,
            untuk dibungkus dalam kertas kado,
            dan disuguhkan pada pelancong.
            Pesawat terbang jet di tepi rimba Brazilia,
            di muka perkemahan kaum Badui,
            di sisi mana pun yang tak terduga,
            lebih mendadak dari mimpi,
            merupakan kejutan kebudayaan.
            Inilah satu kekuasaan baru.
            Begitu cepat hingga kita terkesiap.
            Begitu lihai sehingga kita terkesima.
            Dan sementara kita bengong,
            pesawat terbang jet yang muncul dari mimipi,
            membawa bentuk kekuatan modalnya :
            lapangan terbang. “hotel - bistik - dan - coca cola”,
            jalan raya, dan para pelancong.
            “Oh, look, honey - dear !
            Lihat orang-orang pribumi itu!
            Mereka memanjat pohon kelapa seperti kera.
            Fantastic ! Kita harus memotretnya !
            ................................
            Awas ! Jangan dijabat tangannya !
            senyum saja and say hello.
            You see, tangannya kotor
            Siapa tahu ada telor cacing di situ.
            …………………….
            My God, alangkah murninya mereka.
            Ia tidak menutupi teteknya !
            Look, John, ini benar-benar tetek.
            Lihat yang ini ! O, sempurna !
            Mereka bebas dan spontan.
            Aku ingin seperti mereka…..
            Eh, maksudku…..
            Okey ! Okey !….Ini hanya pengandaian saja.
            Aku tahu kamu melarang aku tanpa beha.
            Look, now, John, jangan cemberut !
            Berdirilah di sampingnya,
            aku potret di sini.
            Ah ! Fabolous !”
            Dan Bank Dunia
            selalu tertarik membantu negara miskin
            untuk membuat proyek raksasa.
            Artinya : yang 90 % dari bahannya harus diimpor.
            Dan kemajuan kita
            adalah kemajuan budak
            atau kemajuan penyalur dan pemakai.
            Maka di Bali
            hotel-hotel pribumi bangkrut
            digencet oleh packaged tour.
            Kebudayaan rakyat ternoda
            digencet standar dagang internasional.
            Tari-tarian bukan lagi satu mantra,
            tetapi hanya sekedar tontonan hiburan.
            Pahatan dan ukiran  bukan lagi ungkapan jiwa,
            tetapi hanya sekedar kerajinan tangan.
            Hidup dikuasai kehendak manusia,
            tanpa menyimak jalannya alam.
            Kekuasaan kemauan manusia,
            yang dilembagakan dengan kuat,
            tidak mengacuhkan naluri ginjal,
            hati, empedu, sungai, dan hutan.
            Di Bali :
            pantai, gunung, tempat tidur dan pura,
            telah dicemarkan
            Pejambon, 23 Juni 1977.
            Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK S L A
Oleh :
W.S. Rendra

    Murid-murid mengobel klentit ibu gurunya
    Bagaimana itu mungkin ?
    Itu mungkin.
    Karena tidak ada patokan untuk apa saja.
    Semua boleh. Semua tidak boleh.
    Tergantung pada cuaca.
    Tergantung pada amarah dan girangnya sang raja.
    Tergantung pada kuku-kuku garuda dalam mengatur kata-kata.
    Ibu guru perlu sepeda motor dari Jepang.
    Ibu guru ingin hiburan dan cahaya.
    Ibu guru ingin atap rumahnya tidak bocor.
    Dan juga ingin jaminan pil penenang,
    tonikum-tonikum dan obat perangsang yang dianjurkan oleh dokter.
    Maka berkatalah ia
    Kepada orang tua murid-muridnya :
    “Kita bisa mengubah keadaan.
    Anak-anak akan lulus ujian kelasnya,
    terpandang di antara tetangga,
    boleh dibanggakan pada kakak mereka.
    Soalnya adalah kerjasama antara kita.
    Jangan sampai kerjaku terganggu,
    karna atap bocor.”
    Dan papa-papa semua senang.
    Di pegang-pegang tangan ibu guru,
    dimasukan uang ke dalam genggaman,
    serta sambil lalu,
    di dalam suasana persahabatan,
    teteknya disinggung dengan siku.
    Demikianlah murid-murid mengintip semua ini.
    Inilah ajaran tentang perundingan,
    perdamaian, dan santainya kehidupan.
    Ibu guru berkata :
    “Kemajuan akan berjalan dengan lancar.
    Kita harus menguasai mesin industri.
    Kita harus maju seperti Jerman,
    Jepang, Amerika.
    Sekarang, keluarkanlah daftar logaritma.”
    Murid-murid tertawa,
    dan mengeluarkan rokok mereka.
    “Karena mengingat kesopanan,
    jangan kalian merokok.
    Kelas adalah ruangbelajar.
    Dan sekarang : daftar logaritma !”
    Murid-murid tertawa dan berkata :
    “Kami tidak suka daftar logaritma.
    Tidak ada gunanya !”
    “kalian tidak ingin maju ?”
    “Kemajuan bukan soal logaritma.
    Kemajuan adalah soal perundingan.”
    “Jadi apa yang kaian inginkan ?”
    “Kami tidak ingin apa-apa.
    Kami sudah punya semuanya.”
    “Kalian mengacau !”
    “Kami tidak mengacau.
    Kami tidak berpolitik.
    Kami merokok dengan santai.
    Sperti ayah-ayah kami di kantor mereka :
    santai, tanpa politik
    berunding dengan Cina
    berunding dengan Jepang
    menciptakan suasana girang.
    Dan di saat ada pemilu,
    kami membantu keamanan,
    meredakan partai-partai.”
    Murid-murid tertawa.
    Mereka menguasai perundingan.
    Ahli lobbying.
    Faham akan gelagat.
    Pandai mengikuti keadaan.
    Mereka duduk di kantin,
    minum sitrun,
    menghindari ulangan sejarah.
    Mereka tertidur di bangku kelas,
    yang telah mereka bayar sama mahal
    seperti sewa kamar di hotel.
    Sekolah adalah pergaulan,
    yang ditentukan oleh mode,
    dijiwai oleh impian kemajuan menurut iklan.
    Dan bila ibu guru berkata :
    “Keluarkan daftar logaritma !”
    Murid-murid tertawa.
    Dan di dalam suasana persahabatan,
    mereka mengobel ibu guru mereka.
                    Yogya, 22 Juni 1977.
                    Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK SEBATANG LISONG
Oleh :
W.S. Rendra

            Menghisap sebatang lisong
            melihat Indonesia Raya,
            mendengar 130 juta rakyat,
            dan di langit
            dua tiga cukong mengangkang,
            berak di atas kepala mereka
            Matahari terbit.
            Fajar tiba.
            Dan aku melihat delapan juta kanak-kanak
            tanpa pendidikan.
            Aku bertanya,
            tetapi pertanyaan-pertanyaanku
            membentur meja kekuasaan yang macet,
            dan papantulis-papantulis para pendidik
            yang terlepas dari persoalan kehidupan.
            Delapan juta kanak-kanak
            menghadapi satu jalan panjang,
            tanpa pilihan,
            tanpa pepohonan,
            tanpa dangau persinggahan,
            tanpa ada bayangan ujungnya.
            …………………
            Menghisap udara
            yang disemprot deodorant,
            aku melihat sarjana-sarjana menganggur
            berpeluh di jalan raya;
            aku melihat wanita bunting
            antri uang pensiun.
            Dan di langit;
            para tekhnokrat berkata :
            bahwa bangsa kita adalah malas,
            bahwa bangsa mesti dibangun;
            mesti di-up-grade
            disesuaikan dengan teknologi yang diimpor
            Gunung-gunung menjulang.
            Langit pesta warna di dalam senjakala
            Dan aku melihat
            protes-protes yang terpendam,
            terhimpit di bawah tilam.
            Aku bertanya,
            tetapi pertanyaanku
            membentur jidat penyair-penyair salon,
            yang bersajak tentang anggur dan rembulan,
            sementara ketidakadilan terjadi di sampingnya
            dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan
            termangu-mangu di kaki dewi kesenian.
            Bunga-bunga bangsa tahun depan
            berkunang-kunang pandang matanya,
            di bawah iklan berlampu neon,
            Berjuta-juta harapan ibu dan bapak
            menjadi gemalau suara yang kacau,
            menjadi karang di bawah muka samodra.
            ………………
            Kita harus berhenti membeli rumus-rumus asing.
            Diktat-diktat hanya boleh memberi metode,
            tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan.
            Kita mesti keluar ke jalan raya,
            keluar ke desa-desa,
            mencatat sendiri semua gejala,
            dan menghayati persoalan yang nyata.
            Inilah sajakku
            Pamplet masa darurat.
            Apakah artinya kesenian,
            bila terpisah dari derita lingkungan.
            Apakah artinya berpikir,
            bila terpisah dari masalah kehidupan.
19 Agustus 1977
ITB Bandung
Potret Pembangunan dalam Puisi

Sajak ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Institut Teknologi Bandung, dan dibacakan di dalam salah satu adegan film “Yang Muda Yang Bercinta”, yang disutradarai oleh Sumandjaya.
SAJAK SEBOTOL BIR
Oleh :
W.S. Rendra

    Menenggak bir sebotol,
    menatap dunia,
    dan melihat orang-orang kelaparan.
    Membakar dupa,
    mencium bumi,
    dan mendengar derap huru-hara.
    Hiburan kota besar dalam semalam,
    sama dengan biaya pembangunan sepuluh desa !
    Peradaban apakah yang kita pertahankan ?
    Mengapa kita membangun kota metropolitan ?
    dan alpa terhadap peradaban di desa ?
    Kenapa pembangunan menjurus kepada penumpukan,
    dan tidak kepada pengedaran ?
    Kota metropolitan di sini tidak tumbuh dari industri,
    Tapi tumbuh dari kebutuhan negara industri asing
     akan pasaran dan sumber pengadaan bahan alam
    Kota metropolitan di sini,
    adalah sarana penumpukan bagi Eropa, Jepang, Cina, Amerika,
     Australia, dan negara industri lainnya.
    Dimanakah jalan lalu lintas yang dulu ?
    Yang neghubungkan desa-desa dengan desa-desa ?
    Kini telah terlantarkan.
    Menjadi selokan atau kubangan.
    Jalanlalu lintas masa kini,
    mewarisi pola rencana penjajah tempo dulu,
    adalah alat penyaluran barang-barang asing dari
     pelabuhan ke kabupaten-kabupaten dan
     bahan alam dari kabupaten-kabupaten ke pelabuhan.
    Jalan lalu lintas yang diciptakan khusus,
    tidak untuk petani,
    tetapi untuk pedagang perantara dan cukong-cukong.
    Kini hanyut di dalam arus peradaban yang tidak kita kuasai.
    Di mana kita hanya mampu berak dan makan,
    tanpa ada daya untuk menciptakan.
    Apakah kita akan berhenti saampai di sini ?
    Apakah semua negara yang ingin maju harus menjadi negara industri ?
    Apakah kita bermimpi untuk punya pabrik-pabrik
    yang tidak berhenti-hentinya menghasilkan……..
    harus senantiasa menghasilkan….
    Dan akhirnya memaksa negara lain
    untuk menjadi pasaran barang-barang kita ?
    …………………………….
    Apakah pilihan lain dari industri hanya pariwisata ?
    Apakah pemikiran ekonomi kita
    hanya menetek pada komunisme dan kapitalisme ?
    Kenapa lingkungan kita sendiri tidak dikira ?
    Apakah kita akan hanyut saja
    di dalam kekuatan penumpukan
    yang menyebarkan pencemaran dan penggerogosan
    terhadap alam di luar dan alam di dalam diri manusia ?
    ……………………………….
    Kita telah dikuasai satu mimpi
    untuk menjadi orang lain.
    Kita telah menjadi asing
    di tanah leluhur sendiri.
    Orang-orang desa blingsatan, mengejar mimpi,
    dan menghamba ke Jakarta.
    Orang-orang Jakarta blingsatan, mengejar mimpi
    dan menghamba kepada Jepang,
    Eropa, atau Amerika.
    Pejambon, 23 Juni 1977
    Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK SEONGGOK JAGUNG
Oleh :
W.S. Rendra

            Seonggok jagung di kamar
            dan seorang pemuda
            yang kurang sekolahan.
            Memandang jagung itu,
            sang pemuda melihat ladang;
            ia melihat petani;
            ia melihat panen;
            dan suatu hari subuh,
            para wanita dengan gendongan
            pergi ke pasar ………..
            Dan ia juga melihat
            suatu pagi hari
            di dekat sumur
            gadis-gadis bercanda
            sambil menumbuk jagung
            menjadi maisena.
            Sedang di dalam dapur
            tungku-tungku menyala.
            Di dalam udara murni
            tercium kuwe jagung
            Seonggok jagung di kamar
            dan seorang pemuda.
            Ia siap menggarap jagung
            Ia melihat kemungkinan
            otak dan tangan
            siap bekerja
            Tetapi ini :
            Seonggok jagung di kamar
            dan seorang pemuda tamat SLA
            Tak ada uang, tak bisa menjadi mahasiswa.
            Hanya ada seonggok jagung di kamarnya.
            Ia memandang jagung itu
            dan ia melihat dirinya terlunta-lunta .
            Ia melihat dirinya ditendang dari diskotik.
            Ia melihat sepasang sepatu kenes di balik etalase.
            Ia melihat saingannya naik sepeda motor.
            Ia melihat nomor-nomor lotre.
            Ia melihat dirinya sendiri miskin dan gagal.
            Seonggok jagung di kamar
            tidak menyangkut pada akal,
            tidak akan menolongnya.
            Seonggok jagung di kamar
            tak akan menolong seorang pemuda
            yang pandangan hidupnya berasal dari buku,
            dan tidak dari kehidupan.
            Yang tidak terlatih dalam metode,
            dan hanya penuh hafalan kesimpulan,
            yang hanya terlatih sebagai pemakai,
            tetapi kurang latihan bebas berkarya.
            Pendidikan telah memisahkannya dari kehidupan.
            Aku bertanya :
            Apakah gunanya pendidikan
            bila hanya akan membuat seseorang menjadi asing
            di tengah kenyataan persoalannya ?
            Apakah gunanya pendidikan
            bila hanya mendorong seseorang
            menjadi layang-layang di ibukota
            kikuk pulang ke daerahnya ?
            Apakah gunanya seseorang
            belajat filsafat, sastra, teknologi, ilmu kedokteran,
            atau apa saja,
            bila pada akhirnya,
            ketika ia pulang ke daerahnya, lalu berkata :
            “ Di sini aku merasa asing dan sepi !”
                    Tim, 12 Juli 1975
                    Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK SEORANG TUA DI BAWAH POHON
Oleh :
W.S. Rendra

    Inilah sajakku,
    seorang tua yang berdiri di bawah pohon meranggas,
    dengan kedua tangan kugendong di belakang,
    dan rokok kretek yang padam di mulutku.
    Aku memandang zaman.
    Aku melihat gambaran ekonomi
    di etalase toko yang penuh merk asing,
    dan jalan-jalan bobrok antar desa
    yang tidak memungkinkan pergaulan.
    Aku melihat penggarongan dan pembusukan.
    Aku meludah di atas tanah.
    Aku berdiri di muka kantor polisi.
    Aku melihat wajah berdarah seorang demonstran.
    Aku melihat kekerasan tanpa undang-undang.
    Dan sebatang jalan panjang,
    punuh debu,
    penuh kucing-kucing liar,
    penuh anak-anak berkudis,
    penuh serdadu-serdadu yang jelek dan menakutkan.
    Aku berjalan menempuh matahari,
    menyusuri jalan sejarah pembangunan,
    yang kotor dan penuh penipuan.
    Aku mendengar orang berkata :
    "Hak asasi manusia tidak sama dimana-mana.
    Di sini, demi iklim pembangunan yang baik,
    kemerdekaan berpolitik harus dibatasi.
    Mengatasi kemiskinan
    meminta pengorbanan sedikit hak asasi"
    Astaga, tahi kerbo apa ini !
    Apa disangka kentut bisa mengganti rasa keadilan ?
    Di negeri ini hak asasi dikurangi,
    justru untuk membela yang mapan dan kaya.
    Buruh, tani, nelayan, wartawan, dan mahasiswa,
    dibikin tak berdaya.
    O, kepalsuan yang diberhalakan,
    berapa jauh akan bisa kaulawan kenyataan kehidupan.
    Aku mendengar bising kendaraan.
    Aku mendengar pengadilan sandiwara.
    Aku mendengar warta berita.
    Ada gerilya kota merajalela di Eropa.
    Seorang cukong bekas kaki tangan fasis,
    seorang yang gigih, melawan buruh,
    telah diculik dan dibunuh,
    oleh golongan orang-orang yang marah.
    Aku menatap senjakala di pelabuhan.
    Kakiku ngilu,
    dan rokok di mulutku padam lagi.
    Aku melihat darah di langit.
    Ya ! Ya ! Kekerasan mulai mempesona orang.
    Yang kuasa serba menekan.
    Yang marah mulai mengeluarkan senjata.
    Bajingan dilawan secara bajingan.
    Ya ! Inilah kini kemungkinan yang mulai menggoda orang.
    Bila pengadilan tidak menindak bajingan resmi,
    maka bajingan jalanan yang akan diadili.
    Lalu apa kata nurani kemanusiaan ?
    Siapakah yang menciptakan keadaan darurat ini ?
    Apakah orang harus meneladan tingkah laku bajingan resmi ?
    Bila tidak, kenapa bajingan resmi tidak ditindak ?
    Apakah kata nurani kemanusiaan ?
    O, Senjakala yang menyala !
    Singkat tapi menggetarkan hati !
    Lalu sebentar lagi orang akan mencari bulan dan bintang-bintang !
    O, gambaran-gambaran yang fana !
    Kerna langit di badan yang tidak berhawa,
    dan langit di luar dilabur bias senjakala,
    maka nurani dibius tipudaya.
    Ya ! Ya ! Akulah seorang tua !
    Yang capek tapi belum menyerah pada mati.
    Kini aku berdiri di perempatan jalan.
    Aku merasa tubuhku sudah menjadi anjing.
    Tetapi jiwaku mencoba menulis sajak.
    Sebagai seorang manusia.
        Pejambon, 23 Oktober 1977
        Potret Pembangunan dalam Puisi

SAJAK SEORANG TUA TENTANG BANDUNG LAUTAN API
Oleh :
W.S. Rendra

       Bagaimana mungkin kita bernegara
       Bila tidak mampu mempertahankan wilayahnya
       Bagaimana mungkin kita berbangsa
       Bila tidak mampu mempertahankan kepastian hidup
       bersama ?
       Itulah sebabnya
       Kami tidak ikhlas
       menyerahkan Bandung kepada tentara Inggris
       dan akhirnya kami bumi hanguskan kota tercinta itu
       sehingga menjadi lautan api
       Kini batinku kembali mengenang
       udara panas yang bergetar dan menggelombang,
       bau asap, bau keringat
       suara ledakan dipantulkan mega yang jingga, dan kaki
       langit berwarna kesumba
       Kami berlaga
       memperjuangkan kelayakan hidup umat manusia.
       Kedaulatan hidup bersama adalah sumber keadilan merata
       yang bisa dialami dengan nyata
       Mana mungkin itu bisa terjadi
       di dalam penindasan dan penjajahan
       Manusia mana
       Akan membiarkan keturunannya hidup
       tanpa jaminan kepastian ?
       Hidup yang disyukuri adalah hidup yang diolah
       Hidup yang diperkembangkan
       dan hidup yang dipertahankan
       Itulah sebabnya kami melawan penindasan
       Kota Bandung berkobar menyala-nyala tapi kedaulatan
       bangsa tetap terjaga
       Kini aku sudah tua
       Aku terjaga dari tidurku
       di tengah malam di pegunungan
       Bau apakah yang tercium olehku ?
       Apakah ini bau asam medan laga tempo dulu
       yang dibawa oleh mimpi kepadaku ?
       Ataukah ini bau limbah pencemaran ?
       Gemuruh apakah yang aku dengar ini ?
       Apakah ini deru perjuangan masa silam
       di tanah periangan ?
       Ataukah gaduh hidup yang rusuh
       karena dikhianati dewa keadilan.
       Aku terkesiap. Sukmaku gagap. Apakah aku
       dibangunkan oleh mimpi ?
       Apakah aku tersentak
       Oleh satu isyarat kehidupan ?
       Di dalam kesunyian malam
       Aku menyeru-nyeru kamu, putera-puteriku !
       Apakah yang terjadi ?
       Darah teman-temanku
       Telah tumpah di Sukakarsa
       Di Dayeuh Kolot
       Di Kiara Condong
       Di setiap jejak medan laga. Kini
       Kami tersentak,
       Terbangun bersama.
       Putera-puteriku, apakah yang terjadi?
       Apakah kamu bisa menjawab pertanyaan kami ?
       Wahai teman-teman seperjuanganku yang dulu,
       Apakah kita masih sama-sama setia
       Membela keadilan hidup bersama
       Manusia dari setiap angkatan bangsa
       Akan mengalami saat tiba-tiba terjaga
       Tersentak dalam kesendirian malam yang sunyi
       Dan menghadapi pertanyaan jaman :
       Apakah yang terjadi ?
       Apakah yang telah kamu lakukan ?
       Apakah yang sedang kamu lakukan ?
       Dan, ya, hidup kita yang fana akan mempunyai makna
       Dari jawaban yang kita berikan.
                  Sajak-sajak : Rendra, Sutardji Calzoum Bachri
                    pada Hari Kebangkitan Nasional 1990

SAJAK SEORANG TUA UNTUK ISTERINYA
Aku tulis sajak ini
untuk menghibur hatimu
Sementara kau kenangkan encokmu
kenangkanlah pula masa remaja kita yang gemilang
Dan juga masa depan kita
yang hampir rampung
dan dengan lega akan kita lunaskan.
Kita tidaklah sendiri
dan terasing dengan nasib kita
Kerna soalnya adalah hukum sejarah kehidupan.
Suka duka kita bukanlah istimewa
kerna setiap orang mengalaminya.
Hidup tidaklah untuk mengeluh dan mengaduh
Hidup adalah untuk mengolah hidup
bekerja membalik tanah
memasuki rahasia langit dan samodra,
serta mencipta dan mengukir dunia.
Kita menyandang tugas,
kerna tugas adalah tugas.
Bukannya demi sorga atau neraka.
Tetapi demi kehormatan seorang manusia.
Kerna sesungguhnyalah kita bukan debu
meski kita telah reyot, tua renta dan kelabu.
Kita adalah kepribadian
dan harga kita adalah kehormatan kita.
Tolehlah lagi ke belakang
ke masa silam yang tak seorangpun kuasa menghapusnya.
Lihatlah betapa tahun-tahun kita penuh warna.
Sembilan puluh tahun yang dibelai napas kita.
Sembilan puluh tahun yang selalu bangkit
melewatkan tahun-tahun lama yang porak poranda.
Dan kenangkanlah pula
bagaimana kita dahulu tersenyum senantiasa
menghadapi langit dan bumi, dan juga nasib kita.
Kita tersenyum bukanlah kerna bersandiwara.
Bukan kerna senyuman adalah suatu kedok.
Tetapi kerna senyuman adalah suatu sikap.
Sikap kita untuk Tuhan, manusia sesama,
nasib, dan kehidupan.
Lihatlah! Sembilan puluh tahun penuh warna
Kenangkanlah bahwa kita telah selalu menolak menjadi koma.
Kita menjadi goyah dan bongkok
kerna usia nampaknya lebih kuat dari kita
tetapi bukan kerna kita telah terkalahkan.
Aku tulis sajak ini
untuk menghibur hatimu
Sementara kaukenangkan encokmu
kenangkanlah pula
bahwa kita ditantang seratus dewa.
WS. Rendra, Sajak-sajak sepatu tua,1972

SAJAK TANGAN
Oleh :
W.S. Rendra

                Inilah tangan seorang mahasiswa,
                tingkat sarjana muda.
                Tanganku. Astaga.
                Tanganku menggapai,
                yang terpegang anderox hostes berumbai,
                Aku bego. Tanganku lunglai.
                Tanganku mengetuk pintu,
                tak ada jawaban.
                Aku tendang pintu,
                pintu terbuka.
                Di balik pintu ada lagi pintu.
                Dan selalu :
                ada tulisan jam bicara
                yang singkat batasnya.
                Aku masukkan tangan-tanganku ke celana
                dan aku keluar mengembara.
                Aku ditelan Indonesia Raya.
                Tangan di dalam kehidupan
                muncul di depanku.
                Tanganku aku sodorkan.
                Nampak asing di antara tangan beribu.
                Aku bimbang akan masa depanku.
                Tangan petani yang berlumpur,
                tangan nelayan yang bergaram,
                aku jabat dalam tanganku.
                Tangan mereka penuh pergulatan
                Tangan-tangan yang menghasilkan.
                Tanganku yang gamang
                tidak memecahkan persoalan.
                Tangan cukong,
                tangan pejabat,
                gemuk, luwes, dan sangat kuat.
                Tanganku yang gamang dicurigai,
                disikat.
                Tanganku mengepal.
                Ketika terbuka menjadi cakar.
                Aku meraih ke arah delapan penjuru.
                Di setiap meja kantor
                bercokol tentara atau orang tua.
                Di desa-desa
                para petani hanya buruh tuan tanah.
                Di pantai-pantai
                para nelayan tidak punya kapal.
                Perdagangan berjalan tanpa swadaya.
                Politik hanya mengabdi pada cuaca…..
                Tanganku mengepal.
                Tetapi tembok batu didepanku.
                Hidupku tanpa masa depan.
                Kini aku kantongi tanganku.
                Aku berjalan mengembara.
                Aku akan menulis kata-kata kotor
                di meja rektor
                TIM, 3 Juli 1977
                Potret Pembangunan dalam Puisi


SAJAK WIDURI UNTUK JOKI TOBING
Oleh :
W.S. Rendra

        Debu mengepul mengolah wajah tukang-tukang parkir.
        Kemarahan mengendon di dalam kalbu purba.
        Orang-orang miskin menentang kemelaratan.
        Wahai, Joki Tobing, kuseru kamu,
        kerna wajahmu muncul dalam mimpiku.
        Wahai, Joki Tobing, kuseru kamu
        karena terlibat aku di dalam napasmu.
        Dari bis kota ke bis kota
        kamu memburuku.
        Kita duduk bersandingan,
        menyaksikan hidup yang kumal.
        Dan perlahan tersirap darah kita,
        melihat sekuntum bunga telah mekar,
        dari puingan masa yang putus asa.
        Nusantara Film, Jakarta, 9 Mei 1977
        Potret Pembangunan dalam Puisi

TAHANAN
Oleh :
W.S. Rendra

                  Atas ranjang batu
                  tubuhnya panjang
                  bukit barisan tanpa bulan
                  kabur dan liat
                  dengan mata sepikan terali
                  Di lorong-lorong
                  jantung matanya
                  para pemuda bertangan merah
                  serdadu-serdadu Belanda rebah
                  Di mulutnya menetes
                  lewat mimpi
                  darah di cawan tembikar
                  dijelmakan satu senyum
                  barat  di perut gunung
                  (Para pemuda bertangan merah
                  adik lelaki neruskan dendam)
                  Dini hari bernyanyi
                  di luar dirinya
                  Anak lonceng
                  menggeliat enam kali
                  di perut ibunya
                  Mendadak
                  dipejamkan matanya
                  Sipir memutar kunci selnya
                  dan berkata
                  -He, pemberontak
                  hari yang berikut bukan milikmu !
                  Diseret di muka peleton algojo
                  ia meludah
                  tapi tak dikatakannya
                  -Semalam kucicip sudah
                  betapa lezatnya madu darah.
                  Dan tak pernah didengarnya
                  enam pucuk senapan
                  meletus bersama
                                                      Kisah
                                                      Th VI, No 11
                                                      Nopember 1956

----------------------------
Rumpun Alang-alang
Engkaulah perempuan terkasih, yang sejenak kulupakan, sayang
Kerna dalam sepi yang jahat tumbuh alang-alang di hatiku yang malang
Di hatiku alang-alang menancapkan akar-akarnya yang gatal
Serumpun alang-alang gelap, lembut dan nakal
Gelap dan bergoyang ia
dan ia pun berbunga dosa
Engkau tetap yang punya
tapi alang-alang tumbuh di dada
Surat Cinta
Kutulis surat ini
kala hujan gerimis bagai bunyi tambur yang gaib,
Dan angin mendesah
mengeluh dan mendesah,
Wahai, dik Narti,
aku cinta kepadamu !
Kutulis surat ini
kala langit menangis
dan dua ekor belibis
bercintaan dalam kolam
bagai dua anak nakal
jenaka dan manis
mengibaskan ekor
serta menggetarkan bulu-bulunya,
Wahai, dik Narti,
kupinang kau menjadi istriku !
Kaki-kaki hujan yang runcing
menyentuhkan ujungnya di bumi,
Kaki-kaki cinta yang tegas
bagai logam berat gemerlapan
menempuh ke muka
dan tak kan kunjung diundurkan.
Selusin malaikat
telah turun
di kala hujan gerimis
Di muka kaca jendela
mereka berkaca dan mencuci rambutnya
untuk ke pesta.
Wahai, dik Narti
dengan pakaian pengantin yang anggun
bunga-bunga serta keris keramat
aku ingin membimbingmu ke altar
untuk dikawinkan
Aku melamarmu,
Kau tahu dari dulu :
tiada lebih buruk
dan tiada lebih baik
dari yang lain ......
penyair dari kehidupan sehari-hari,
orang yang bermula dari kata
kata yang bermula dari
kehidupan, pikir dan rasa.
Semangat kehidupan yang kuat
bagai berjuta-juta jarum alit
menusuki kulit langit :
kantong rejeki dan restu wingit
Lalu tumpahlah gerimis
Angin dan cinta
mendesah dalam gerimis.
Semangat cintaku yang kuta
batgai seribu tangan gaib
menyebarkan seribu jaring
menyergap hatimu
yang selalu tersenyum padaku.
Engkau adalah putri duyung
tawananku
Putri duyung dengan
suara merdu lembut
bagai angin laut,
mendesahlah bagiku !
Angin mendesah
selalu mendesah
dengan ratapnya yang merdu.
Engkau adalah putri duyung
tergolek lemas
mengejap-ngejapkan matanya yang indah
dalam jaringku
Wahai, putri duyung,
aku menjaringmu
aku melamarmu
Kutulis surat ini
kala hujan gerimis
kerna langit
gadis manja dan manis
menangis minta mainan.
Dua anak lelaki nakal
bersenda gurau dalam selokan
dan langit iri melihatnya
Wahai, Dik Narti
kuingin dikau
menjadi ibu anak-anakku !



Baca Juga :
Kumpulan Puisi

Biografi Penyair

0 comments:

Bookmark and Share